Dapat Turunkan Berat Badan, Inilah 6 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari yang Harus Kamu Tau!

Dapat Turunkan Berat Badan, Inilah 6 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari yang Harus Kamu Tau!

JAHE. Salah satu contoh rempah-rempah yang dapat membantu menurunkan berat badan.--Sumber gambar: Pinterest

DISWAY JATENG – Jahe merupakan rempah-rempah yang sering digunakan dalam campuran makanan atau minuman. Ternyata ada manfaat minum air jahe di pagi hari yang tak kamu ketahui, salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Jahe memiliki sensasi rasa yang hangat Ketika dikonsumsi, sehingga jahe seringkali digunakan dalam mengobati batuk dan flu termasuk turunkan berat badan. Manfaat minum air jahe akan optimal jika diminum pada saat pagi hari yaitu saat kondisi perut masih kosong.

Dalam pengobatan kuno, jahe menjadi rempah yang sering digunakan dalam hal mengobati penyakit. Jika kamu menginginkan tubuh yang sehat serta badan ramping maka pertimbangkan manfaat minum air jahe pada pagi hari, dapat turunkan berat badan.

Jahe memiliki nutrisi yang kaya serta memiliki banyak vitamin seperti, vitamin C, kalsium, zat besi, seng, mangan, dan kromium. Kamu bisa simak artikel berikut jika ingin mengetahui manfaat minum air jahe di pagi hari!

BACA JUGA:Bantu Redakan Batuk dan Pilek! Inilah 7 Manfaat Minum Air Jahe dan Madu Untuk Kesehatan

Membantu Meredakan Berbagai Gangguan Pencernaan

Manfaat minum air jahe di pagi hari yang pertama yaitu dapat membantu meredakan berbagai gangguan pencernaan. Jahe dipercaya mampu mengatasi dispepsia, yaitu sekumpulan gejala yang timbul akibat gangguan sistem pencernaan.

Gejala-gejala yang bisa timbul akibat dispepsia antara lain perut kembung, nyeri pada ulu hati, nyeri terbakar di dada, dan lainnya. Jahe dapat bekerja secara cepat dalam mengosongkan perut dan dapat meredakan gejala perut kembung atau begah.

Tak hanya itu, kandungan paradol dan gingerol dalam jahe juga mampu melawan bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan. Infeksi tersebut yaitu salmonella typhi ( penyebab tifoid/tifus), dan Escherichia coli (penyebab diare).

Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat minum air jahe berikutnya yaitu dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut penelitian, kandungan gingerol dalam jahe mampu mengoptimalkan kerja hormon insulin dalam membantu penyerapan gula darah oleh lemak,

Selain itu, kandungan tersebut dapat mengoptimalkan kinerja otot dan hati dalam penyerapan gula darah. Kemudian juga dapat menurunkan kadar HbA1c pada pasien diabetes tipe 2.

Dapat Meredakan Mual

Teh yang dicampur dengan jahe sudah sangat dikenal dalam membantu meredakan mual. Baik itu mual yang disebabkan oleh morning sickness, mabuk perjalanan dan efek samping dari kemoterapi.

Hal tersebut dapat terjadi karena senyawa yang terdapat pada jahe dapat menekan saraf yang mengirimkan sinyal mual dan muntah. Kamu bisa meminum the dicampur dengan jahe atau juga bisa meminum air jahe hangat.

Membantu Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

manfaat jahe selanjutnya yaitu dapat menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal. Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe dapat membantu proses pemecahan dan pembakaran lemak di tubuh.

Selain itu kandungan gingerol juga dapat menghambat penyerapan lemak berlebih, dan dapat mengendalikan nafsu makan. Sehingga berat badan menjadi turun dan menjadi lebih terjaga.

BACA JUGA:5 Teh Penurun Berat Badan, Bisa Mengecilkan Perut Buncit!

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Jika seseorang mengkonsumsi air jahe secara rutin maka dipercaya dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung. Karena jahe dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Selain itu, senyawa bioaktif dalam air jahe juga dapat menjaga Kesehatan jantung secara menyeluruh. Cara kenyanya yaitu dengan membantu menurunkan tekanan darah, melancarakan aliran darah, serta mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Kamu dapat mengkonsumsi jahe dengan cara direbus dengan air atau dapat juga ditambahkan kedalam the agar mendapatkan manfaat lebih.

BACA JUGA:Mengatasi Perut Buncit dengan Bahan Alami, Berikut 7 Bahan Herbal yang Bisa Kamu Gunakan

Itulah manfaat minum air jahe di pagi hari yang dapat kamu lakukan dan coba di rumah dapat turunkan berat badan. Lakukan secara rutin dan konsisten agar manfaat yang didapatkan juga maksimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: