Salah Satunya Begadang, Ini 6 Penyebab Perut Buncit yang Tak Sengaja Kerap Kita Lakukan

Salah Satunya Begadang, Ini 6 Penyebab Perut Buncit yang Tak Sengaja Kerap Kita Lakukan

Alkohol jadi penyebab perut buncit-IDN Times-

DISWAY JATENG perut buncit adalah suatu kondisi dimana perut terlihat bengkak atau membesar. Perut buncit dapat menggangu penampilan, menurunkan rasa percaya diri, kesulitan dalam memilih ukuran celana. Namun, apa penyebab perut buncit ?

Penyebab perut buncit bermacam-macam, tetapi yang paling umum diketahui adalah obesitas. Obesitas terjadi karena penumpukan lemak pada tubuh karena kurangnya pembakaran kalori.

Sehingga tak heran sebagian orang berusaha dan melakukan segala cara dalam menghilangkan perut buncit, salah satunya dengan olahraga. Olahraga adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan kekuatan fisik sehingga dengan olahraga dapat mengurangi penyebab perut buncit.

Kamu dapat menyimak artikel berikut jika ingin mengetahui penyebab perut buncit di sini selengkapnya.

Penyebab perut buncit

Perut yang buncit memiliki penyebab yang berbeda-beda mulai dari alasan Kesehatan hingga gaya hidup tak sehat dan pola makan tak teratur. Dilansir dari beberapa situs inilah penyebab perut buncit.

BACA JUGA: 5 Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

1. Pola Makan Tak Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tinggi lemak, gula dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Sehingga perut semakin membuncit karena lemak yang setiap hari terproduksi dan menumpuk.

Makanan yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan obesitas sehingga perut menjadi buncit. Kamu dapat mengurangi porsi makan atau dapat mengubah pola makan kamu agar perut yang buncit mengecil.

2. Kurang Aktivitas Fisik

Jika kamu mempunyai hobi rebahan yuk mulai sekarang biasakan untuk beraktivitas. Seseorang yang jarang bergerak dan kurang olahraga akan menyebabkan penumpukan lemak di perut sehingga membuat perut menjadi buncit.

Karena tubuh terus menerus diisi dengan energi dari makanan dan kurangnya pembakaran kalori menyebabkan perut menjadi buncit. Secara perlahan perut kamu akan membuncit seiring dengan kamu jarang beraktivitas fisik.

3. Faktor Genetik

Factor genetika dapat berperan dalam bentuk tubuh seseorang, salah satunya kecenderungan dalam mempunyai perut buncit. Dalam sebuah penelitian dari sebuah keluarga yang memiliki riwayat obsitas ditemukan bahwa factor genetic dapat berpengaruh pada penyebab perut buncit.

Hal ini menjadikan setiap orang dari keluarga tersebut memiliki keinginan dalam memiliki perut buncit. Entah karena kurangnya dalam hal mengontrol makanan ataupun hal lainnya.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Mudah dan Aman!

4. Stress

Stress kronis dapat memicu peningkatan hormon kortisol, Dimana hormon ini mempengaruhi akumulasi lemak di perut. Stress akan menyebabkan sinyal di otak akan mengirimkan pada lambung agar selalu lapar.

Sehingga jika seseorang stress kemungkinan besar akan menginginkan makan-makanan yang manis dan banyak gula.

5. Konsumsi Alkohol

Banyak mengkonsumsi alkohol ternyata menjadi salah satu penyebab perut buncit. Hal ini dikarenakan alcohol memiliki kalori kosong yang tidak dapat keluar dari tubuh sehingga mengendap dalam perut dan ginjal.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme tubuh. Sehingga jika kurang tidur maka hormon tersebut akan selalu aktif dan mengisyaratkan tubuh selalu lapar.

Kamu disarankan untuk tidur dengan minimal 8 jam per hari agar pencernaan dan metabolism kamu lancer. Serta mengurangi begadang dapat menahan rasa lapar yang nantinya muncul.

7. Kondisi Medis

Beberapa masalah Kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat berperan dalam penumpukan lemak di perut. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang terkena penyakit tersebut menjadi buncit.

Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter jika perut buncit kamu terjadi karena penyakit. Sehingga kamu dapat ditangani dan terbebas daripenyakit tersebut.

BACA JUGA: Wow 6 Menu Sarapan Ini Dapat Menghilangkan Perut Buncit Loh, Kamu Wajib Coba!

Nah itulah beberapa penyebab perut buncit yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang biasakan untuk selalu hidup sehat agar tubuh terhindar dari penyakit serta perut yang buncit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: