DI Kabupaten Tegal, Terdapat 14 Titik Rawan Bencana yang Harus Mendapatkan Perhatian

DI Kabupaten Tegal, Terdapat 14 Titik Rawan Bencana yang Harus Mendapatkan Perhatian

BERKUNJUNG - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah saat berkunjung ke kantor BPBD Kabupaten Tegal.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Di Kabupaten Tegal tercatat ada 14 titik lokasi rawan bencana. Karena itu, kesiapan sarana dan prasarana di Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal sangat penting.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah.

Menurutnya, frekuensi kejadian bencana di Kabupaten Tegal setiap tahunnya cukup intens, seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gelombang pasang dan abrasi, kebakaran hutan dan lahan, erupsi gunung berapi dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Siswi SMP Negeri 6 Kota Tegal Juara I Pencak Silat Tingkat Jawa Tengah

Kondisi tersebut tentunya dapat mengancam keselamatan warga, dari mulai risiko rendah, sedang hingga tinggi.

"Saya pikir sarana dan prasarana di BPBD tidak cukup kalau hanya satu atau dua. Karena Kabupaten Tegal rawan bencana, bahkan tersebar di 14 titik," kata Agustyarsyah.

BACA JUGA:SD Negeri Slerok 2 Kota Tegal Adakan Isra Mikraj

Seiring dengan itu, lanjut Pj Bupati, kesiapan sumber daya manusia juga harus terus ditingkatkan melalui program pelatihan teknis dan pengembangan kompetensi tertentu yang didukung sertifikat kecakapan atau keahlian.

Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa personil di BPBD memiliki kompetensi yang baik di bidangnya.

“Kami akan berusaha melengkapi sarana dan prasarana prioritas melalui bantuan keuangan dari kementerian, dari CSR, hibah maupun peluang anggaran lainnya,” tegasnya.

BACA JUGA:PMI Kabupaten Pemalang Adakan Musyawarah Kerja Tahun 2024

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah berharap dengan dukungan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang lengkap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif di masyarakat.

“Kami akan terus mengoptimalisasikan pelayanan yang cepat melalui satgas yang telah kami bentuk dan siap bertindak kapanpun diminta,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: