Komisi III DPRD Kota Tegal Minta Balai PSDA Keruk 2 Sungai Besar

Komisi III DPRD Kota Tegal Minta Balai PSDA Keruk 2 Sungai Besar

RAPAT — Ketua Komisi III DPRD Kota Tegal Enny Yuningsih memimpin Rapat Kerja di Gedung Parlemen.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Komisi III DPRD Kota Tegal Enny Yuningsih meminta Balai PSDA Pemali Comal untuk melakukan pengerukan dua sungai besar yaitu Sungai Kemiri dan Sungai Kaligangsa. Pengerukan dibutuhkan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir di tengah musim penghujan yang masih berlangsung, mengingat kedua sungai mengalami pendangkalan. 

“Kami meminta PSDA Pemali Comal agar bisa segera melakukan pengerukan sendimentasi Kali Kemiri dan Kaligangsa untuk mengantisipasi terjadinya banjir wilayah Kota Tegal dan sekitarnya. Sebelum terjadi banjir, supaya bisa dikeruk, karena itu merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi,” kata Ketua Komisi III Enny Yuningsih.

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Wujudkan Mahasiswa Magang dan Kerja di Jepang

Politisi Partai Golkar menyampaikan, Pemerintah Kota Tegal tidak memiliki kewenangan menangani pendangkalan kedua sungai besar tersebut. Karena itu, Komisi III mendorong pihak yang berwenang untuk melakukan pengerukan dan bakal menindaklanjuti dengan surat yang dilayangkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal.

Karena kewenangan ada di tangan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Tegal tidak mengalokasikan anggaran untuk pengerukan sungai besar. Namun demikian, Enny memandang semestinya Pemerintah Kota Tegal bisa tetap mengalokasikan anggaran penanggulangan banjir di DPUPR. “Kemarin sudah kami usulkan di masing-masing bidang, namun dicoret,” ucap Enny.

BACA JUGA:SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Adakan PPHB 2024

Menurut Enny, seharusnya Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kota Tegal lebih cermat dalam menganggarkan penanggulangan banjir karena banjir selalu mengintai Kota Bahari setiap musim penghujan. “Jika anggarannya memadai, DPUPR melalui Bidang PSDA bisa meminimalisir banjir yang akan terjadi di Kota Tegal,” jelas Enny. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: