6 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Salah Satunya Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

6 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Salah Satunya Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

KULIT SEHAT. Dengan mengaplikasikan madu sebagai masker di wajah secara rutin dapat membantu memiliki kulit wajah menawan dan mempesona--gambar di ambil dari akun Pinterest Bigodino.it

DISWAY JATENG - Madu adalah cairan kental dan lengket berasa manis, yang dihasilkan dan disimpan lebah dalam sarang. Selain menyehatkan, madu juga mempunyai manfaat lainnya, seperti untuk kecantikan wajah.

Madu dihasilkan oleh bahan tanaman, aktivitas enzim, dan bakteri hidup yang bergabung untuk menciptakan bahan yang kuat dan ratusan kegunaan. Proses unik pembuatan madu tersebutlah, yang memiliki manfaat untuk kecantikan sebagai bahan pembuatan kosmetik.

Di antaranya menyembuhkan bekas luka, meratakan warna kulit, dan membersihkan jerawat. Mona Gohara MD, profesor klinis di Yale Departement of Dermatology mengungkapkan bahwa madu memiliki sifat penyembuhan alami seperti untuk penyembuhan luka. 

"Manfaat madu memiliki peran penting untuk pembangunan kolagen, sehingga bisa menjadi anti-aging untuk kecantikan yang hebat," pendapatnya sebagaimana dikutip dari WomenHealth's.

Madu mentah memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Karena madu memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang mampu menyelamatkan kulit. Berikut ini adalah manfaat madu untuk kecantikan yang bisa Anda coba.

1. Madu untuk Kulit Eksim

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan. Yaitu mencampurkannya dengan bahan lain agar berbentuk masker wajah madu yang menyejukkan.

Hal ini bisa membantu menyamarkan eksim di wajah Anda lho!. Unntuk mengobati eksim disarankan menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi seperti madu manuka.

Jenis madu tersebut memiliki kandungan bakteri sehat yang efektif dan mampu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Madu untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat madu untuk kecantikan dapat membantu mencerahkan kulit. Dengan sifat antibakterinya, mampu meringankan peradangan. Juga madu dapat mempertahankan atau menjaga kulit dari kuman, dan melembapkan kulit.

Kombinasikan madu dengan yoghurt akan memberikan hasil yang maksimal. Sebab, yoghurt mengandung L-sistein yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Kombinasi tersebut membantu pengelupasan kulit dan mencerahkan, juga memiliki efek mendinginkan dan menenangkan kulit. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdm yoghurt segar dengan 1 sdm madu yang memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah, biarkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air hangat dan ulangi secara rutin dua kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: