Jalan Mantap di Kabupaten Pemalang Jumlahnya Terus Meningkat

Jalan Mantap di Kabupaten Pemalang Jumlahnya Terus Meningkat

MENINJAU - Bupati Pemalang Mansur Hidayat meninjau jalan kabupaten yang rusak untuk segera diperbaiki.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten Pemalang terus berupaya menuntaskan pembangunan jalan. Berbagai upaya yang telah dilakukan, membuat kondisi jalan mantap terus meningkat.

Kondisi jalan mantap di Kabupaten Pemalang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Terbukti hingga sekarang ini,  sudah mencapai 64 persen kondisi jalan mantap. Sedangkan kondisi jalan rusak berat yang belum tertangani untuk sekarang ini,  tinggal 36 persen.

BACA JUGA:Ponpes di Kendal Khatamkan Alquran Tiap Hari untuk Ganjar

Pembangunan infrastruktur jalan di tahun 2023 hingga pada perubahan APBD juga terus dilaksaanakan. Bahkan pembangunan jalan di tahun 2024 akan lebih difokuskan pada ruas jalan yang aksesnya menuju ke Pantura. 

Seperti ruas jalan Desa Pesucen- Sidokare dengan panjang jalan sekitar 5 kilometer. Selain itu ruas jalan Desa Widodaren- Karangasem dengan panjang 5 kilometer. Kemudian ruas jalan Desa Cibiyuk-Ampelgading yang merupakan akses menuju ke Pantura yang saat ini kondisinya rusak parah.  Sehingga di tahun 2024 kondisi jalan mantap diharapkan bisa mencapai 70 persen.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Warga di Kendal Serukan Ganjar Presiden di Acara Hajatan Rakyat

Anggaran untuk pembangunan jalan, di tahun  2024, akan difokuskan pada pembangunan jalan untuk menanganani jalan rusak berat.  Yaitu melalui pengadaan barang dan jasa secara tender dengan sumber dana dari APBD  yang jumlahnya ada lima paket pekerjaan. Adapun nilainya antara Rp1 miliar hingga Rp2 miliar . Sedangkan untuk DAK yaitu ruas jalan Desa Blimbing-Kendasari yang nilainya sebesar Rp7 miliar. 

Sebagai upaya persiapan pembangunan jalan-jalan rusak, Bupati Pemalang Mansur Hidayat belum lama ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah wilayah kecamatan yang ada jalan rusak. 

BACA JUGA:Ribuan Nelayan Kendal Antusias Sambut Ganjar Pranowo

Sejumlah jalan kabupaten yang menjadi target perbaikan di tahun 2024, diantaranya  Jalan Kabupaten di Desa Karangsari Kecamatan Pulosari, ruas jalan Desa Mereng Kecamatan Warungpring-Kreyo Kecamatan Randudongkal dan Desa Gunungtiga Kecamatan Belik. 

Selain itu, Jalan Raya Watukumpul, Desa Majakerta, dan Jembatan Tlagasana, Jalan Raya Tlagasana, dan Karangasem Kecamatan Petarukan. Terkait perbaikan dan pembangunan jalan-jalan yang rusak, Bupati Mansur berjanji akan segera merealisasikannya. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Disdukcapil Kota Tegal Targetkan 1529 Jiwa Direkam

Ruas jalan yang baru saja ditinjau, menurut Bupati Mansur  rencana perbaikannya akan dilaksanakan sekitar Bulan Maret atau April mendatang. Mansur sendiri berharap agar warga masyarakat Kabupaten Pemalang nantinya merasakan nyaman ketika melakukan perjalanan, setelah jalan - jalan itu diperbaiki.

"Mudah-mudahan setelah jalan - jalan ini, nantinya perbaiki masyarakat akan lebih  nyaman ketika berada dalam perjalanan,"katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: