SMP Al Irsyad Kota Tegal Adakan Taklim Pelajar

SMP Al Irsyad Kota Tegal Adakan Taklim Pelajar

TAKLIM PELAJAR - Siswa dan guru SMP Al Irsyad Kota Tegal menunjukkan spanduk kegiatan Taklim Pelajar di kediaman salah satu siswa yang ketiban.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Al Irsyad Islamic Boarding School Kota Tegal menyelenggarakan Taklim Pelajar setiap Sabtu akhir bulan di rumah salah satu siswa yang bersedia menjadi tuan rumah. Taklim Pelajar diikuti secara serempak seluruh siswa. Salah satu program diniyah yang sudah berjalan hampir satu dekade ini tidak banyak diadakan sekolah lain di Kota Tegal

Kepala SMP Al Irsyad Moh Alwi SPd mengatakan, tujuan diselenggarakannya Taklim Pelajar adalah untuk memperdalam akidah siswa, membiasakan siswa mencintai majelis ilmi, serta mempererat silaturahmi antara guru dan orang tua siswa. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari metode pembelajaran di luar kelas sebagai variasi metode pembelajaran. 

BACA JUGA:Tamam Patih Sampun Kabupaten Pemalang Digunakan untuk Parkir Sepeda Motor

“Taklim Pelajar sebagai ajang latihan siswa tampil di hadapan umum. Mereka dilatih berani menjadi pembawa acara, pembaca Kitab Suci Alquran, juga bisa berlatih menjadi pembicara atau latihan khithobah,” kata Alwi. Setelah siswa selesai bertugas salah satu guru menyampaikan tausiah didampingi oleh dua guru yang lain. 

Siswa berangkat dari sekolah pukul sebelas menuju lokasi dan selesai setelah Salat Duhur. Taklim Pelajar juga diadakan untuk mengenalkan kepada masyarakat dengan memasang spanduk di area rumah shohibul bait dan melaksanakan salat Duhur berjamaah di masjid dekat rumah. Siswa kembali ke sekolah untuk dijemput orang tuanya. 

BACA JUGA:Hari Jadi Kabupaten Pemalang, Adakan Kirab Budaya hingga Bazar UMKM

Bagi orang tua yang hendak menjemput di lokasi tinggal menghubungi wali kelas untuk minta alamat siswa yang ketiban taklim. Transportasi dan biayanya dikelola wali kelas dengan menarik iuran ke siswa dan dibantu pihak sekolah lima puluh persen dari total biaya transportasi menuju lokasi. Kegiatan ini didukung penuh oleh orang tua siswa. 

“Terbukti banyak orang tua yang antre siap menjadi tuan rumah Taklim Pelajar,” imbuh Alwi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: