Jaga Ketersediaan Pupuk untuk Petani di Kabupaten Pemalang

Jaga Ketersediaan Pupuk untuk Petani di Kabupaten Pemalang

KETERSEDIAAN - Direktur Transformasi Bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) Panji Winanteya Ruky meninjau ketersediaan pupuk di Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Kabupaten Pemalang.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pertanian merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Keberhasilan sektor ini tidak terlepas dari jasa para petani yang telah bekerja keras mendukung ketahanan pangan nasional. 

Direktur Transformasi Bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) Panji Winanteya Ruky mengatakan, untuk menjaga kontribusi sektor pertanian tersebut. Maka  pemerintah terus menjaga ketersediaan Pupuk, baik subsidi maupun nonsubsidi. 

"Salah satunya melalui program subsidi pupuk yang setiap tahunnya dialokasikan sekitar Rp25 triliun yang disiapkan pemerintah untuk membantu petani mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau,"katanya di acara Gebyar Diskon Pupuk di Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:Kejuaraan Pencak Silat, Cetak Atlet Berprestasi di Kabupaten Pemalang

Pada tahun 2024, lanjut dia, pemerintah juga berencana menambah alokasi subsidi pupuk sebesar Rp14 triliun agar semakin banyak petani yang mendapat pupuk bersubsidi. 

Tidak sampai di situ, pemerintah juga mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh seluruh petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk.

Pemerintah juga tidak hanya menyediakan pupuk bersubsidi kepada petani,  pemerintah juga akan menjamin ketersediaan pupuk nonsubsidi.

BACA JUGA:Harga Tomat di Lereng Gunung Slamet Kabupaten Pemalang Mahal dan Sulit Didapat

“Pemerintah melalui Pupuk Indonesia, memastikan ketersediaan pupuk di seluruh Indonesia, baik itu pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi. Pemerintah membantu memperoleh pupuk dengan mudah guna mendukung program percepatan musim tanam pada awal tahun 2024,”ujarnya.

Dijelaskannya dalam rangka menjaga ketersediaan pupuk, pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian melalui Pupuk Indonesia menggelar program selama bulan Januari hingga Februari 2024. Salah satunya di yang dilaksanakan di Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Kabupaten Pemalang.

Selama musim tanam ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dukungan bagi petani agar bisa mendapatkan hasil yang optimal di musim panen nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: