Pinjaman Serba Pinjol? Cobalah 6 Alternatif Pinjaman Uang Selain Pinjol, Proses Mudah dan Aman

Pinjaman Serba Pinjol? Cobalah 6 Alternatif Pinjaman Uang Selain Pinjol, Proses Mudah dan Aman

alternatif pinjaman selain pinjol--foto mekari

DISWAY JATENG - Pinjaman online (pinjol) ilegal semakin hari semakin populer dan banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Namun, kasus-kasus yang tidak mengenakan juga terus mengikuti pertumbuhan bisnis ini.

Salah satu yang terbaru, seorang ibu rumah tangga berinisal WPS (38 tahun) di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, sampai harus mengakhiri hidup dengan bunuh diri karena tak tahan dengan teror penagihan dari penagih utang (debt collector) pinjol.

Ini baru dari satu kasus. Secara total, Satgas Waspada Investasi (SWI) mencatat ada 22.986 pengaduan pinjol dari masyarakat per Agustus 2021. Tapi, sekalipun sudah dilarang, tetap ada saja masyarakat yang meminjam ke pinjol.

Padahal, menurut Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara, banyak alternatif pinjaman bagi masyarakat selain pinjol ilegal. Bahkan, alternatif-alternatif ini sudah dipastikan aman, meski bukan berarti tanpa risiko, tapi setidaknya legal alias berizin resmi, sehingga bila ada masalah bisa diadukan sesuai aturan hukum berlaku.

Berikut Alternatif Pinjaman Uang selain Pinjol :

1. Kredit Ultra Mikro (UMi)

BACA JUGA:Anti Ribet! Inilah 9 Daftar Pinjaman Online Rp25 Juta Tanpa Jaminan, Proses Cepat dan Langsung Cair

UMi merupakan program pembiayaan dari pemerintah dan bisa juga menjadi alternatif pinjaman bagi masyarakat. Apalagi nilai pinjamannya cukup ritel, yaitu sekitar Rp.10 juta per pinjaman.

"Jadi memang ini bisa menggantikan pinjol ilegal yang rata-rata nominal pinjamannya di bawah Rp.10 juta," ujarnya. Tapi memang, UMi biasanya perlu jaminan kegiatan usaha. Karena, pembiayaan ini diharapkan untuk kegiatan produktif, misalnya tambahan modal untuk dagang dan lainnya.

2. Kredit Bank

Menurut Bhima, kredit bank tetap menjadi alternatif utama untuk meminjam uang. Hal ini tak lepas dari tingginya sumber pendanaan yang berhasil dihimpun bank, mulai dari tabungan masyarakat hingga penerbitan surat utang yang mereka lakukan.

Selain itu, jenis kredit yang bisa diakses pun beragam. Mulai dari kredit modal kerja, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit usaha rakyat (KUR), kredit tanpa agunan (KTA), hingga kartu kredit.

Bila melihat dari karakteristik pinjaman masyarakat ke pinjol, maka jenis KTA dan kartu kredit sangat mungkin dijadikan alternatif pinjaman uang selain pinjol. Karena biasanya pinjaman ke pinjol berskala kecil dan untuk konsumsi.

Bunganya variasi sekitar 12-15% untuk KTA bank dengan maksimal pinjaman bisa sampai Rp.100 juta, prosesnya bisa 2-5 hari," kata Bhima kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: