Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

cara mengatasi pinjol ilegal sebar data --foto krediblog

4. Tingkatkan Literasi Keuangan

Tingkat literasi keuangan masyarakat yang rendah memicu maraknya kemunculan pinjol ilegal. Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit. Masyarakat  yang tergiur dengan iming-iming pinjol tanpa mengetahui legalitasnya dapat menjadi korban selanjutnya.

Memperbanyak literasi keuangan dapat dimulai dengan mengikuti seminar hingga memperkenalkan jenis transaksi keuangan sejak dini. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkan kalian membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal. 

5. Ajukan Pinjaman pada Pinjol Resmi

Memanfaatkan pinjol legal adalah cara agar data tidak disebar oleh pinjol berikutnya. Pinjaman online terpercaya akan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas.

Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjol ilegal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi. Alhasil, peluang datamu diretas oleh pinjol resmi juga sangat kecil. Bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan pinjol resmi pun sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

6. Laporkan Pinjol Ilegal ke POLRI

BACA JUGA:Kenali 3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Terbaru 2024 untuk Menjerat Korban, AFPI Minta OJK Lebih Tegas

Karena maraknya pengaduan mengenai pelanggaran pinjol, Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Polri, Kominfo, Kemenkop UKM, dan Bank Indonesia telah membentuk komitmen pemberantasan pinjol ilegal guna menindak tegas dan memberi efek jera pada pinjol tak berizin.

Apabila mengalami tindak kejahatan siber, kalian bisa melaporkan kasus pinjol ilegal ke pihak berwenang. Uniknya, kalian tidak repot mendatangi kantor polisi dan membuat laporan. Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti. Walau tidak secara otomatis menjadi laporan polisi, laporan yang kalian adukan bisa diterbitkan jika terdapat bukti pendukung yang sah.

7. Tolak Akses Kontak

Salah satu cara agar data tidak disebar oleh pinjol adalah dengan menolak akses aplikasi. Seperti yang diketahui, pinjaman online hanya bisa diakses secara online melalui ponsel.

Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel sebagai senjata utama dalam melakukan penagihan. Padahal, pinjol legal hanya diizinkan mengakses mikrofon, kamera, dan lokasi/GPS.

Guna menghindari risiko itu, kalian perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponselmu. Pemutusan akses ini akan mencegah pinjol mengintip data pribadi kalian yang tersebar dalam ponsel. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: