Jangan Panik! Inilah 7 Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat dan Efektif, Ikuti Langkah Berikut Ini

Jangan Panik! Inilah 7 Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat dan Efektif, Ikuti Langkah Berikut Ini

cara melunasi hutang pinjol dengan cepat--foto kanal9

DISWAY JATENG - Kasus seorang nasabah AdaKami yang diduga bunuh diri karena ditagih dengan teror orderan fiktif membuat pinjaman online (pinjol) terus-terusan disorot.

Hadirnya layanan seperti ini memang membantu banyak orang di saat keuangan tengah terhimpit. Namun, seringkali banyak yang sulit mengembalikan pinjaman tersebut sampai melebihi waktu jatuh tempo.

Hal ini lantas membuat mereka harus berhadapan dengan debt collector. Meski penagih utang bersikap sopan, tetap ada tekanan bagi mereka.

Karena jika belum membayar utang kerap membuat para peminjamnya merasa tak tenang. Guna menghindari perasaan seperti ini, diperlukan cara untuk melunasi hutang pinjol dengan cepat. 

Berikut Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat :

1. Bijak Mengatur Pengeluaran

Cobalah untuk mengatur pengeluaran dengan baik, karena seseorang bisa memprioritaskan yang penting dan menunda yang sebaliknya. Catat secara rutin setiap pengeluaran termasuk yang paling rendah sehingga dapat dievaluasi dengan mudah.

BACA JUGA:Ingin Bebas dari Jeratan Pinjol? Inilah Cara Bebas dari Hutang Pinjol Tanpa Bayar Terbaru 2024

Ketimbang membuang-buang uang untuk hal kurang penting, lebih baik dipakai sebagai pelunas utang. Jika kalian bijak dengan pengeluaran, maka pinjol yang selama ini menghantui bisa dengan cepat terlunasi. Batasi diri agar tak membeli yang kurang perlu.

2. Pakai Tabungan

Banyak orang yang meski terlilit utang, namun tetap memiliki tabungan. Mereka memilih tak memakai uang ini untuk hal-hal yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, seperti kecelakaan. Padahal, sebagian bisa dipakai untuk membayar utang.

Dengan menggunakan sebagian tabungan untuk membantu membayar utang, permasalahan bisa perlahan berkurang. Dana yang dapat dipakai yaitu sekitar 30% hingga 40%. Sisanya, disimpan untuk masa depan atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Jual Barang Bekas

Menjual barang bekas juga bisa dilakukan untuk melunasi hutang dengan cepat. Selain itu, cara ini sekaligus membersihkan rumah dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Karena jika dibiarkan bisa menjadi sarang bagi sejumlah hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: