Terjerat Hutang Pinjol? Inilah Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk Agar Tidak Galbay, Terbukti Efektif

Terjerat Hutang Pinjol? Inilah Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk Agar Tidak Galbay, Terbukti Efektif

cara melunasi hutang pinjol--foto dolphen indonesia

5. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Setelah kalian memiliki rencana pembayaran, sangat penting untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Ini akan membantu kalian menghindari penumpukan tunggakan dan biaya keterlambatan.

6. Lunasi Utang secepatnya

Jika ada kesempatan atau sumber dana tambahan yang muncul, pertimbangkan untuk melunasi utang kalian lebih cepat. Dengan melunasi utang pinjol, maka akan menghindari membayar bunga yang lebih banyak.

7. Lakukan Pelacakan Pembayaran

Pastikan kalian mencatat semua pembayaran yang dilakukan dan menyimpan bukti pembayaran. Hal ini akan membantu kalian memantau kemajuan pelunasan utang kalian masing-masing.

8. Konsolidasi (Menjadikan Satu) Utang

Jika kalian memiliki beberapa pinjaman dari berbagai pinjol, pertimbangkan untuk mengkonsolidasikan utangnya.  Dengan menggabungkan semua utang menjadi satu pinjaman dengan bunga lebih rendah, kalian dapat mengurangi pembayaran bulanan dan lebih mudah mengelola utang.

9. Perpanjang Tenor Pinjaman

Beberapa pinjol mungkin menawarkan opsi perpanjangan tenor pinjaman. Hal ini bisa membantu kalian mengurangi jumlah pembayaran bulanan, meskipun bunga yang harus dibayar mungkin akan bertambah. Pertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk perpanjangan ini.

10. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang atau Refinancing

BACA JUGA:4 Cara Terbebas dari Hutang Pinjol Tanpa Bayar, Aman dan Terbukti Ampuh!

Banyak orang yang terjebak dalam utang berpikir bahwa ini adalah satu-satunya solusi untuk mengatasi tagihan yang belum terbayar. Namun, sebenarnya, langkah ini tidak efektif dan justru dapat merugikan kalian lebih lanjut. Hal ini karena jumlah utang akan terus bertambah dengan adanya berbagai tingkat bunga yang berbeda-beda. 

Sebaliknya, daripada menambah utang melalui aplikasi lain, lebih baik pertimbangkan cara untuk meningkatkan pendapatan kalian, seperti, menjual barang elektronik atau aset yang tidak perlu, atau mengadopsi gaya hidup hemat untuk sementara waktu.

11. Hitung Jumlah Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: