10 Daftar Makanan Khas Boyolali yang Populer dengan Kelezatannya, Nomor 3 Jangan Sampai Terlewatkan

10 Daftar Makanan Khas Boyolali yang Populer dengan Kelezatannya, Nomor 3 Jangan Sampai Terlewatkan

makanan khas boyolali--foto mamikos

DISWAY JATENG - Boyolali adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Boyolali yang bisa kalian cicipi saat mengunjungi daerah bekas Karesidenan Surakarta ini. 

Posisi Boyolali sendiri cukup strategis, berada di perlintasan jalur yang menghubungkan Semarang, Surakarta, maupun ke arah Yogyakarta.

Kalau kalian bingung ada apa saja di Boyolali, pasti belum ngeh nih sama makanan khas dari sana. Kuliner di Boyolali ada banyak ragam dan pastinya dengan cita rasa lokal. Buat yang lagi ada kesempatan mampir ke Boyolali, jangan lupa cicipin semua kulinernya. 

Makanan khas Boyolali menyuguhkan aneka rasa asin, manis, gurih hingga pedas. Selain itu, menu makanan yang tersedia pun bervariasi baik itu makanan berat atau makanan ringan.

Berikut Makanan Khas Boyolali yang Rekommended buat Kalian Nikmati :

1. Dodol Susu

BACA JUGA:Menikmati Pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di Tempat Wisata Selo Boyolali

Boyolali memang dikenal sebagai daerah penghasil susu. Bahan ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat berbagai makanan lainnya seperti dodol susu. Dodol ini dibuat dari bahan berupa tepung ketan dan gula serta ditambahkan susu sapi segar. Hasilnya, dodol susu pun memiliki tekstur yang lebih creamy dan lembut.

2. Sate Kere

Olahan makanan berupa sate memang sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Di Boyolali, kalian bisa menemukan salah satu olahan sate yang unik yaitu sate kere. Makanan ini memiliki perbedaan dari sate lainnya sehingga terasa unik dan berbeda. Selain itu, harga sate kere sangat terjangkau.

3. Soto Seger

Makanan soto sudah populer di Indonesia. Setiap daerah memiliki olahan soto khasnya masing-masing, termasuk di Boyolali. Di tempat ini, kalian bisa menemukan sajian soto yang memiliki cita rasa khas berupa Soto Seger.  Banyak tempat makan yang menyajikan hidangan ini sehingga kalian bisa menemukannya dengan cukup mudah.

4. Susu Segar

Salah satu komoditas unggulan di Boyolali yaitu susu segar. Daerah ini dikenal sebagai salah satu penghasil produk susu murni, terutama di daerah Kuncen. Susu segar dari daerah ini dihasilkan dari peternakan sapi perah sehingga masih murni dan alami. Kalian bisa mencoba berbagai olahan susu dengan rasa yang beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: