10+ Inspirasi Makanan Khas Betawi yang Melegenda Terkenal Kelezatannya, Unik dan Istimewa

10+ Inspirasi Makanan Khas Betawi yang Melegenda Terkenal Kelezatannya, Unik dan Istimewa

makanan khas betawi--foto rukita

DISWAY JATENG - Makanan khas Betawi merupakan salah satu kuliner yang kaya cita rasa. Suku Betawi sendiri adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang umumnya bermukim di Batavia dari sejak abad ke-17.

Suku Betawi berbaur dengan suku-suku lain yang sudah lebih dulu tinggal seperti Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Tionghoa, dan India.

Betawi adalah salah satu daerah yang kaya ragam kuliner. Menyajikan makanan khas Betawi akan memperkaya variasi menu di restoran Indonesia.

Berikut Beberapa Daftar Makanan Khas Betawi yang Populer dan Legendaris :

1. Soto Betawi

Soto Betawi sudah tidak diragukan lagi popularitasnya. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu yang membuat cita rasa soto ini begitu legendaris. Soto betawi berisi jerohan dan seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

2. Sayur Babanci

BACA JUGA:Ini Dia Cara Membuat Soto Betawi, antigagal!

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci merupakan sajian ketupat yang disantap dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci juga biasanya diberi tambahan potongan daging sapi. Konon, nama babanci diambil dari sifat sayur ini yang tidak jelas kelaminnya alias banci. Tak seperti namanya (sayur), makanan khas Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

3. Nasi kebuli

Nasi kebuli merupakan hasil pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid.

4. Asinan Betawi

Asinan Betawi berisi sawi, kol, tauge, tahu putih, selada, dan taburan kacang tanah goreng. Asinan disiram dengan campuran kuah kacang, cuka dan cabai serta disajikan bersama kerupuk. Makanan unik dan murah ini merupakan kuliner yang sangat terjangkau mulai dari Rp.15 ribu sampai Rp.20 ribu.

5. Soto Tangkar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: