Dinas Permades Kabupaten Tegal Bangun Desa Merdeka Sampah dengan Dinas Lingkungan Hidup

Dinas Permades Kabupaten Tegal Bangun Desa Merdeka Sampah dengan Dinas Lingkungan Hidup

SINERGI - Kepala Dinas Permades bersinergi dengan kepala DLH percepatan pertumbuhan Desa Merdeka Sampah.Foto:Hermas Purwadi/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Terobosan demi terobosan untuk memberdayakan pemeritah desa terus dilakukan Dinas Permades. Kali ini kolaborasi kembali dilakukan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  untuk mempercepat perluasan Desa Merdeka Sampah.

Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi menyatakan bahwa Perbup tentang Desa Merdeka Sampah sudah ada. 

"Di sini DLH sudah berupaya maksimal, tetapi memang untuk lebih bisa maksimal dan lebih optimal lagi. Dispermades harus berupaya untuk mendukung progam tersebut dalam mewujudkan Desa Merdeka Sampah," ujarnya.

BACA JUGA:Polres Tegal Dirikan Pos Pengamanan dan Pelayanan Natal dan Tahun Baru

Pihaknya juga menggagas perjanjian kerja sama dengan DLH. Nantinya dalam kerja sama tersebut mengatur DLH melakukan apa, dukungan dana apa. Demikian pula Dispermades  melakukan apa  dan didukung dengan dana apa, muaranya bersinergi untuk percepatan penambahan Desa Merdeka Sampah. Ke depan, desa bisa lebih tertata lingkungannya, lebih cantik, dengan adanya sentuhan program  pendukung.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Ajak Pedagang Ikut Program Jaminan Sosial

"Seperti kami gagas Desa Seribu Bunga, dimana di setiap tepi jalan lingkungan desa diharapkan tumbuh bunga-bunga yang mekar. Bisa setiap hari dinikmati warga desa dan pengguna jalan yang melintas di desa tersebut," ungkapnya. 

Untuk mendukung percepatan program Desa Merdeka Sampah, pihaknya akan berupaya  melibatkan Korpri,  terutama untuk ASN nantinya ada kewajiban untuk mendampingi 10 sampai 20 orang KK  yang didampingi oleh  1 ASN. Dalam rangka pilah pilih sampah  di tahun 2024.

BACA JUGA:MAN Kota Tegal Semakin Maju dan Berkembang

Terpisah, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi memberi apresiasi atas dukungan dari Dinasd Permades dalam percepatan Desa Merdeka SDampah di wilayah Kabupaten Tegal. 

"Sasaran utama Desa Merdeka Sampah adalah terbangunnya budaya, perilaku sadar dan disiplin warga dalam mengelola sampahnya, sejak dari rumah," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: