Amankan Libur Nataru, Provinsi Jateng Buka Posko Terpadu Selama Dua Pekan

Amankan Libur Nataru, Provinsi Jateng Buka Posko Terpadu Selama Dua Pekan

JELASKAN - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan penjelasan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka posko terpadu mulai 22 Desember 2023 hingga dua pekan kedepan. 

Posko yang didirikan di Kantor Gubernur Jawa Tengah tersebut berfungsi untuk mengamankan liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

“Posko ini tugasnya untuk mengendalikan posko-posko yang ada di lapangan,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana usai membuka Posko Nataru di Semarang,  Jumat( 22/12) sore.

BACA JUGA:Turnamen Krida Cup Jawa Tengah 2023, PSHT Cabang Tegal Raih 11 Medali

Posko terpadu itu, akan digunakan untuk mengendalikan posko baik yang ada di 22 terminal, posko perbatasan, posko tempat wisata, maupun posko di keramaian-keramaian.  

Dalam posko terpadu itu, ada sebanyak sembilan koordinator bidang, meliputi koordinator bidang komunikasi dan informatika, penanggulangan bencana, kamtibmas, kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), infrastruktur, kesehatan, energi, lalu lintas dan transportasi. 

BACA JUGA:Mabiran dan Pengurus Kwarran SMP Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal Dilantik

Setiap koordinator bidang memiliki tanggungjawab masing-masing. Koordinator bidang transportasi bertugas memonitor pergerakan penumpang, koordinator bidang energi bertanggungjawab memonitor ketersediaan BBM dan listrik, dan koordinator bidang kamtibmas bertugas memantau pasar tumpah dan keamanan tempat ibadah. 

“Jateng ini merupakan sentral, sentralnya Jawa. Jadi masyarakat dari Jakarta  akan banyak yang ke Jateng, dan juga ada yang ke Jatim, sehingga memang perlu kesiapan dan kesiapsiagaan,” kata Nana. 

BACA JUGA:UPS Tegal Seleksi 30 Calon Duta Kampus 2024

Nana memastikan, personel yang bertugas untuk pengamanan nataru di Jateng ini sudah siap.  

“Insyaa Allah, petugas sudah siap mengantisipasi dengan berbagai kegiatan,” tuturnya.

Keberadaan posko terpadu ini, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan respon cepat kepada masyarakat, jika menemui kendala ketika melakukan aktivitas di momen Nataru. 

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Juara Umum II Fasi VIII Tingkat Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: