9 Rekomendasi Taman Nasional Fauna di Indonesia. Cocok untuk Liburan Saat Nataru

9 Rekomendasi Taman Nasional Fauna di Indonesia. Cocok untuk Liburan Saat Nataru

Taman nasional Komodo ; Taman Nasional dengan nuansa fauna -Merdeka.com-

DISWAYJATENGIndonesia memang dikenal dengan kekayaan keberagaman flora dan fauna yang luar biasa. Variabilitasnya tidak hanya tinggi, tetapi juga melampaui negara-negara lain yang memiliki iklim tropis.

Ketika berbicara tentang persebaran fauna, Indonesia terbagi menjadi tiga kawasan yang menakjubkan.

Fauna Asiatis, yang mencakup Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali (bagian barat), Fauna Australis yang melingkupi wilayah Papua dan Kepulauan Aru (bagian timur), serta Fauna Peralihan yang mendominasi Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Wow, sungguh menakjubkan, bukan? Setiap jenis fauna ini mendapat perlindungan di taman-taman nasional yang tersebar di seluruh nusantara.

BACA JUGA:Labuan Bajo: Surganya Indonesia dan 3 Rute Perjalanan Menuju Taman Nasional Komodo

Bagaimana kalau kita kenalan lebih dekat dengan hewan-hewan endemik ini di beberapa taman nasional yang menakjubkan? Yuk, simak daftar berikut ini!

1. Taman Nasional Way Kambas

Apa kabar si gagah gajah Sumatra? Ayo kunjungi Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Selain sebagai pusat konservasi gajah Sumatra, taman nasional ini juga menjaga keberagaman fauna khas Sumatra seperti tapir, enam jenis primata, kijang, harimau Sumatra, beruang madu, dan badak Sumatra.

Selain bertemu dengan satwa-satwa unik ini, Kalian juga bisa menaiki perahu motor menyusuri sungai di taman nasional untuk melihat kehidupan asli fauna tersebut. Seru banget, kan?

BACA JUGA:Perjalanan Menuju Surganya Indonesia: Temukan 7 Hal yang Tak Terlupakan di Banda Neira!

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Siapa yang tidak ingin bertemu dengan fauna khas Banten, badak Jawa? Ayo mampir ke ujung barat Pulau Jawa, Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang, Banten. Lokasinya sangat strategis dan kaya ratusan flora dan fauna.

Di antara 608 spesies fauna, badak Jawa sebagai ikoniknya, juga terdapat fauna khas lain seperti owa Jawa, surili, dan anjing hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: