5 Kuliner Legendaris Khas Boyolali Terkenal dan Bercitarasa Lezat

5 Kuliner Legendaris Khas Boyolali Terkenal dan Bercitarasa Lezat

kuliner legendaris khas boyolali--tangkapan layar instagram @surakartaculinary @lemeridienkotakinabalu

DISWAY JATENG- kuliner legendaris khas boyolali, Berburu makanan di boyolali adalah pilihan yang tepat, pasalnya kota ini menjadi salah satu perlintasan jalur yang menghubungkan kota Semarang, kota Surakarta serta kota Yogyakarta. 

Karena sebagai jalan penghubung menjadikan kota ini selalu ramai dilalui orang-orang dariberbagai daerah, selain sekedar melintasi biasanya ada juga yang mampir ke tempat wisatanya hingga mencicipi kuliner legendaris khas boyolali.

Kuliner legendaris khas boyolali dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan, selain itu juga memiliki cita rasa yang beragam mulai dari asin, gurih, manis, hingga pedas dan tentunya akan menggugah selera.

Ingin tahu apa saja kuliner legendaris khas boyolali yang memiliki rasa enak dan lezat? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:8 Kuliner Khas Bandung, Bisa Dijadikan Buah Tangan Juga lho!

1. Nasi Tumpang

Biasanya kuliner legendaris khas boyolali ini sering dijadikan untuk sarapan di pagi hari, makanan ini berbahan dasar nasi yang disiram dengan sambal tumpang bercitarasa pedas. Untuk sambalnya sendiri menggunakan bahan dasar tempe basi yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sambal yang enak dan pedas, yang menjadik unik adalah aromanya tidak busuk atau sangit meskipun menggunakan tempe basi. Nasi tumpang ini juga ditemani dengan beragam jenis lauk seperti telur, ayam, hingga gorengan. Untuk harganya cukup terjangkau hanya Rp 10.000/porsi.

2. Jenang Pecel

kuliner legendaris khas boyolali selanjutnya adalah jenang pecel, makanan ini sangat unik dan tidak dapat ditemukan di daerah lain. Yakni bubur sumsum yang dipadukan dengan pecel, pecel sendiri memiliki isian beragam jenis sayuran yang kemudian dicampur bumbu kacang bercita rasa pedas manis. Untuk penyajiannya juga sangat khas yakni dibungkus dengan daun pisang, hal ini menjadikan aroma yang dimiliki jenang pecel menjadi sangat harum. 

Ketika berkunjung kesini janngan sampai lupa untuk mencicipi Jenang Pecel.

3. Tahu Susu

Kota ini merupakan penghasil susu perah terbesar, maka tidak heran jika disini banyak olahan makanan dengan berbahan dasar susu diantaranya adalah tahu susu.

Tahu susu ini dibuat dengan berbahan dasar kedelai yang dipadukan susu putih yang berasal dari sapi perah, makanan ini memiliki aroma yang  kuat dari susu serta bercita rasa gurih sedangkan untuk teksturnya tidak seperti tahu biasa yakni sangat lembut.

Kamu dapat membeli tahu susu ini untuk dijadikan buah tangan, harganya juga sangat terjangkau tidak akan menguras kantong. Makanan ini dapat ditemukan diberbagai pusat oleh-oleh boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: