Pahami Manfaat dan Karakteristik Aset Lancar, dapat Dicairkan Sewaktu-waktu dengan Mudah dan Aman

Pahami Manfaat dan Karakteristik Aset Lancar, dapat Dicairkan Sewaktu-waktu dengan Mudah dan Aman

manfaat aktiva lancar--foto sofware akuntansi online

DISWAY JATENG - Aset lancar atau yang biasa disebut dengan aktiva lancar adalah aset yang berusia kurang dari satu tahun. Sehingga, dapat dikatakan kepemilikan aset berjangka waktu singkat. Pada umumnya, Aset lancar terdiri dari kas, hingga piutang. 

Aset lancar adalah salah satu komponen yang menjadi dasar keputusan investasi bagi investor serta pertimbangan kreditur dalam memberi pinjaman.

Dalam dunia bisnis, pengertian mengenai harta atau aset memang cukup luas. Tidak hanya aset lancar, setiap perusahaan juga memiliki aset atau aktiva tidak lancar.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), aset lancar adalah uang tunai atau aset berharga yang dapat dicairkan sewaktu-waktu dengan mudah. Semantara itu, menurut KBBI, aset lancar merupakan kas atau sumber lain yang bisa dicairkan menjadi uang tunai dan habis dipakai selama satu tahun atau lebih (jika aktivitas normal).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa aset lancar atau aktiva lancar adalah harta perusahaan berupa benda berharga yang didapatkan dari aktivitas atau transaksi dan memiliki jangka waktu yang singkat.

BACA JUGA:Hotel Moga Indah Aset Pemkab Pemalang Senilai Rp27 Miliar Mangkrak, DPRD Beri Sorotan Tajam

Manfaat Aset Lancar

Pada dasarnya, manfaat aset lancar adalah mendukung kegiatan operasional perusahaan, termasuk pembayaran gaji karyawan, biaya sewa kantor, dan membayar utang perusahaan.

Kemudian, mengingat bahwa aset lancar bisa menjadi salah satu pertimbangan investor, maka penting bagi setiap pemilik bisnis memastikan bahwa aset mereka berjalan baik dan mampu meyakinkan investor.

Berbicara tentang investor, jika kalian membutuhkan modal usaha tambahan untuk bisnismu, buka saja deposito di aplikasi DepositoBPR by Komunal. Pasalnya, dengan membuka deposito dan menyimpan uang di DepositoBPR by Komunal, kalian akan memperoleh return yang tinggi hingga 6,75% p.a.

Tidak perlu khawatir, DepositoBPR by Komunal sudah dijamin LPS serta tercatat dan diawasi oleh OJK, sehingga aman digunakan.

Karakteristik Aset Lancar

Ada empat karakteristik aset lancar yang perlu perusahaan ketahui yaitu :

1. Bukan Barang Tak Bertuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: