Pahami Manfaat dan Karakteristik Aset Lancar, dapat Dicairkan Sewaktu-waktu dengan Mudah dan Aman

Pahami Manfaat dan Karakteristik Aset Lancar, dapat Dicairkan Sewaktu-waktu dengan Mudah dan Aman

manfaat aktiva lancar--foto sofware akuntansi online

Jika ada sebuah perusahaan yang tidak memiliki legalitas, misal properti seperti tanah atau apartemen, tidak bisa dikatakan sebagai aset meskipun memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Karena itu, bukti kepemilikan aset harus kuat dan dapat dibuktikan secara hukum.

2. Memiliki Benefit

Selain memiliki nilai ekonomi, aset harus memiliki keuntungan apabila nantinya dipindahtangankan. Hal tersebut akan menjadi aneh ketika aset dijual justru mendatangkan kerugian, bukan keuntungan. Ini tidak dapat dikatakan sebagai aset. 

3. Mempunyai Nilai Ekonomi

Setiap aset semestinya memiliki nilai ekonomi, yang artinya bahwa aset tersebut memiliki manfaat dan dibutuhkan banyak konsumen. Ketika aset perusahaan adalah milik pribadi, tetapi tidak memiliki nilai ekonomi maka tidak bisa disebut aset. 

4. Transaksi Dilakukan di Masa Lalu

Transaksi telah dilakukan pada masa lalu. Apabila transaksi baru akan dilakukan beberapa hari ke depan atau di masa mendatang maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebagai aset.

BACA JUGA:Musyawarah Alot, Tanah Aset Desa Karangsari di Pinggir Pantura Brebes Siap Ditukar Guling

Perbedaan Aset Lancar dan Tidak Lancar

Dalam suatu perusahan, terdapat dua jenis aset yaitu lancar dan tidak lancar. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, aset lancar adalah aset yang berumur pendek dan dapat diubah menjadi uang tunai.

Jadi, aset lancar adalah benda yang dapat diuangkan dalam kurun waktu paling lama satu tahun ada satu siklus akuntansi. Aset ini biasanya digunakan sehari-hari oleh perusahaan.

Sementara itu, aset tidak lancar adalah aset yang tidak bisa langsung dicairkan menjadi uang tunai dan umumnya pencairannya memerlukan waktu lama.

Aset tidak lancar juga tidak dapat diukur dalam nilai mata uang. Adapun contohnya adalah properti, alat produksi, hak cipta, investasi, dan lain-lain. Selain aset lancar dan tidak lancar, dalam suatu perusahaan juga dikenal dengan istilah aset tetap. Aset tetap adalah aset berwujud yang membutuhkan waktu lama untuk diperdagangkan atau diuangkan. Berbeda dengan aset lancar yang memerlukan waktu singkat untuk diubah menjadi uang tunai.

 

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat dan karakteristik serta perbedaan antara aset lancar dan tidak lancar yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: