Butuh Dana Mendesak? Inilah Daftar Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan, Dijamin Aman dan Langsung Cair!

Butuh Dana Mendesak? Inilah Daftar Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan, Dijamin Aman dan Langsung Cair!

daftar pinjaman koperasi tanpa jaminan--foto finansialku

Jika kalian tertarik mengajukan pinjaman di BTPN untuk bisnis, kalian hanya perlu membawa KTP dan KK ke kantor BTPN terdekat. Perlu diingat, usaha atau bisnis yang memenuhi syarat adalah yang sudah berjalan minimal 2 tahun.

4. BMT

BMT atau Baitul Mal Wat Tamwil adalah organisasi usaha mandiri berbasis syariah yang memiliki beberapa kegiatan usaha produktif dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pengusaha kecil.

BMT menyediakan pinjaman tanpa agunan dengan plafon yang tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk pengusaha kecil dan menengah. Biasanya BMT bisa ditemukan di pasar tradisional dengan persyaratan yang mudah, yaitu hanya KTP dan KK.

BACA JUGA:Komitmen Ganjar Optimalkan Koperasi Seperti Cita-cita Bung Hatta

Langkah Pengajuan Pinjaman

Setelah semua syarat telah terpenuhi, selanjutnya kalian perlu melakukan prosedur pengajuan pinjaman di koperasi, yaitu:

  • Menyerahkan berkas-berkas persyaratan, seperti KTP, KK, dan berkas lainnya
  • Menyerahkan proposal pengajuan pinjaman dana (berisi tujuan penggunaan dana) yang telah dibuat
  • Jika ingin mengajukan pinjaman bisnis, kalian harus datang langsung ke kantor koperasi yang bersangkutan
  • Proposal pengajuan pinjaman dana yang kalian buat akan diperiksa oleh pengurus koperasi. Mereka akan mempertimbangkan isi proposal kalian, apakah sesuai dengan prosedur pinjaman yang telah ditentukan atau tidak.
  • Jika proposal pengajuan pinjaman dana disetujui, pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan berdasarkan kesepakatan yang telah dituangkan di dalam akad pinjaman koperasi
  • Menyetujui kontrak mengenai bagi hasil dan cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan.

 

Demikianlah beberapa informasi mengenai rekomendasi pinjaman koperasi tanpa jaminan yang dijamin aman dan prosesnya mudah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: