Seharian di Jalan Braga Bandung, Ini 4 Tempat Asik yang Wajib Dikunjungi

Seharian di Jalan Braga Bandung, Ini 4 Tempat Asik yang Wajib Dikunjungi

Wisata di Jalan Braga Bandung-bobobox-

DISWAYJATENG - Ketika berbicara tentang Bandung, tak bisa dilewatkan destinasi klasik yang tetap memikat hati setiap pengunjung: Jalan Braga.

Jalan yang diisi dengan sejarah, keunikan, dan tentu saja, tempat-tempat keren yang membuat liburan semakin berkesan.

Sejarah Jl. Braga

Sejarah Jalan Braga di Bandung memang nggak bisa dipisahkan dari jejak kolonial Belanda. Dulu, di zaman Hindia Belanda, Braga adalah jalan berlumpur yang dilewati oleh pedati.

Fungsinya? Sebagai akses penghubung antara Jalan Raya Pos (sekarang Jalan Asia Afrika) dan gedung kopi milik Andreas de Wilde.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Ciwidey, Bandung. Cocok Buat Healing dan Foto-foto

Dari sinilah namanya berasal, Pedatiweg atau Karrenweg yang artinya jalan pedati. Pedati-pedati ini ngangkut kopi hasil dari Politik Tanam Paksa pemerintah Belanda. Kopi, sebagai komoditas utama saat itu, harus dikirim ke tempat pengemasan bernama Koffie Pakhuis.

Tahun 1882, nama Pedatiweg diganti oleh Pieter Sijthoff, Asisten Residen Bandung, menjadi Bragaweg.

Nggak main-main, jalannya sudah diperkokoh dengan batu kali dan dipasangi lampu-lampu minyak untuk penerangan. Keren, kan?

Nama Braga, ada apa saja?

Tentang nama Braga, ternyata ada beragam versi. Ada yang bilang berasal dari nama penulis naskah drama Theotila Braga.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Wisata Cikole Bandung: Nikmati Keindahan dan Serunya Liburan di Akhir Pekan

Ada juga yang mengaitkannya dengan minuman keras khas Rumania yang disajikan di Societeit Concordia.

Versi lain menyebut Braga berasal dari kata "bragi," nama dewa puisi dalam mitologi bangsa Jerman. Atau mungkin dari "baraga" yang berarti 'jalan di tepi sebuah sungai', mengingat Jalan Braga memanjang di tepi Sungai Cikapundung.

Versi lain lagi menyebut Braga berasal dari bahasa Sunda "ngabaraga," yang artinya bergaya atau mejeng.

Kaitannya dengan Jalan Braga sebagai pusat kota dengan banyak pertokoan yang bikin orang-orang mejeng di sini.

Jalan Braga hari ini

Nggak cuma sejarahnya aja yang menarik, Jalan Braga juga jadi tempat wisata wajib di Bandung. Kawasan bersejarah ini punya bangunan bergaya Belanda yang ikonik.

Wisatawan nggak hanya datang buat mengagumi arsitektur, tapi juga buat nongkrong dan menikmati fasilitas keren di sekitarnya.

BACA JUGA: Menikmati Malam di Bandung: 8 Kuliner Malam yang Harus Kamu Kunjungi!

Di Jalan Braga, ada mal, kafe, galeri seni, dan berbagai tempat asyik buat pengunjung. Yang lagi hits di kalangan anak muda, nih, Jalan Braga. Buktinya, konten ulasan tentang Braga banyak banget di media sosial.

Nongkrong di Jalan Braga

Nah, biar nggak ketinggalan, berdasarkan beberapa penelusuran wisatawan, ada banyak spot unik Braga yang harus kamu kunjungi. Nah di bawah ini ada 4 lokasi menarik yang wajib dikunjungi di sana.

1. Kopi Toko Djawa

Pertama, Kopi Toko Djawa di Jalan Braga Nomor 81. Tempat ini jadi hits di Bandung, dengan pelanggan yang mayoritas dari luar kota.

Mereka nggak cuma menikmati kopi, tapi juga suasana yang nyaman. Menu andalannya? Es kopi susu djawa yang bener-bener menggoyang lidah!

2. Toko Kue Lakker

Langsung di sebelahnya, ada Toko Kue Lakker yang eksis sejak 1986. Kue basah dan keringnya selalu fresh, dengan poffertjes sebagai andalan. Ini adalah pancake mini khas Belanda yang bikin ngiler!

BACA JUGA: 6 Wisata Bandungan Semarang, Nomor 1 Memiliki Konsep Eropa!

3. Sweet Cantina

Di sebelah Toko Kue Lakker, ada Sweet Cantina, kedai es krim yang digemari oleh Ridwan Kamil. Selain es krim dengan berbagai rasa, mereka juga jual cookies seperti choco chips dan lotus biscoff. Jangan lupa coba sandwich ice cream-nya!

4. Toko Tahilalats

Last but not least, Toko Tahilalats di Jalan Braga Nomor 35. Meskipun keliatan seperti kafe biasa, begitu masuk, kamu akan disuguhi karakter Tahilalats yang lucu-lucu. Selain jualan makanan dan minuman, di sini juga bisa beli merchandise dengan tema Tahilalats.

Nggak cuma itu, di Toko Tahilalats ada photobooth buat selfie-seru dengan teman-teman. Harganya juga terjangkau, kok!

Kesimpulan: Liburan Seru di Jalan Braga

Jalan Braga nggak cuma menyimpan sejarah, tapi juga menjadi pusat hiburan dan kuliner yang asyik di Bandung. Kalo lagi liburan ke Bandung, pastikan sambangi Jalan Braga.

Seru buat foto-foto, ngopi-ngopi, dan tentunya buat nyicipin kuliner khas yang nggak bisa kamu dapetin di tempat lain. Jangan sampai kelewatan ya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: