5 Cara Agar Pinjol Tidak Curi Data Nasabah

5 Cara Agar Pinjol Tidak Curi Data Nasabah

Cara agar pinjol tidak curi data--

DISWAY JATENG - Pinjaman online kini marak digunakan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Terkadang ada pinjaman yang menyalahgunakan data nasabah, karena itu kamu perlu tahu cara agar pinjol tidak curi data.

Cara agar pinjol tidak curi dapat kamu lakukan dengan mudah. Langkah-langkah ini dapat dilakukan oleh nasabah dengan cara preventif atau kuratif.

Lalu bagaimana cara agar pinjol tidak curi data? Kami sudah merangkum beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah pinjaman online yang menyalahgunakan data nasabah.

Cara ini perlu kamu lakukan untuk menghindari beberapa risiko kerugian yang lebih mendalam. Berikut cara agar pinjol tidak curi data yang dapat kamu gunakan jika terjerat pinjaman online.

BACA JUGA: 5 Pinjol Cepat Cair Tanpa BI Checking, Hati-hati Jangan Terjebak Gali Lubang Tutup Lubang

BACA JUGA: 5 Aplikasi Pinjol Cair ke DANA, OVO, atau Gopay Resmi OJK, Tak Perlu Takut Teror DC Lapangan

Cara Agar Pinjol Tidak Curi Data Nasabah

1. Jangan sampai galbay

Cara agar pinjol tidak curi data yang pertama harus kamu lakukan yaitu, jangan sampai gagal bayar. Umumnya pihak pinjol akan menyebarkan data ketika nasabah galbay atau tidak membayar tagihan hutang.

Tujuan tersebut dilakukan untuk menekan relasi, kerabat atau teman dari peminjam agar melunasi tagihan. Cara ini tentu saja tidak dibenarkan oleh OJK, karena itu nasabah dipastikan jangan sampai gagal bayar.

2. Menggunakan pinjol legal

Pinjaman online yang sudah terdaftar OJK dapat menjadi pilihan paling tepat untuk kamu gunakan. Tentu saja pinjol yang terdaftar OJK sudah mendapat pengawasan sesuai peraturan.

OJK menetapkan bahwa pinjaman online yang terdaftar wajib menempatkan Pusat Data. Dengan ini, data nasabah relatif aman dan bisa diawasi oleh instansi berwenang di Indonesia.

BACA JUGA: 6 Daftar Aplikasi Pinjol Limit Tinggi Terbaik dengan Tenor Panjang dan Terdaftar OJK 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: