Warga Desa Sambeng kabupaten Pemalang Mengetahui Penyakit melalui Skrining PTM

Warga Desa Sambeng kabupaten Pemalang Mengetahui Penyakit melalui Skrining PTM

SOSIALISASI - Petugas kesehatan sedang menjelaskan tentang PTM.Foto: Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Warga di Desa Sambeng, Kecamatan Bantarbolang Kabupaten PEMALANG. Mulai dari remaja hingga lansia diberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang Penyakit Tidak Menular (PTM). 

Sairoh, salah satu warga yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, dengan adanya penyuluhan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Bantarbolang. Sangat membantu masyarakat untuk mengetahui penyakit yang diderita. Karena selain penyuluhan juga dilakukan skrining, pemeriksaan gula darah gratis pada saat itu. 

BACA JUGA:Cabai 3 Warna Diminati Masyarakat Warungpring Kabupaten Pemalang

"Ternyata yang termasuk PTM banyak sekali, antara lain  stroke, jantung, hipertensi, diabetes," katanya, Kamis, (30/11).

Meskipun tidak semua dilakukan skrining, namun pengetahuan tentang PTM bisa diketahui oleh masyarakat. Apalagi langsung cek gula darah, sehingga banyak yang berminat dan bisa mengetahui berapa gula darahnya. 

"Kalau tinggi atau di atas normal, makan akan diberikan rujukan untuk diperiksa lebih lanjut," imbuhnya.

BACA JUGA:Disdukcapil Kabupaten Tegal Kebut Capaian DP4

Nur Ayati, petugas kesehatan Puskesmas Bantarbolang menjelaskan, penyuluhan tentang PTM ini diharapkan bisa memberi ilmu pengetahuan pada masyarakat. Termasuk usia remaja, karena bukan hanya orang tua atau lansia saja yang rentan terhadap PTM. 

"Maka dari itu melalui skrining PTM, dengan cek gula darah ini untuk deteksi dini supaya bisa dicegah atau diobati jika sudah kena diabet," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: