Disdukcapil Kabupaten Tegal Kebut Capaian DP4

Disdukcapil Kabupaten Tegal Kebut Capaian DP4

JELASKAN - Kabid Yandafduk Dinas Dukcapil menjelaskan capaian percepatan perekaman dan pencetakan KTP-el jelang Pemilu.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kerja maraton ditempuh Dinas Dikcapil untuk menuntaskan kouta Daftar Pendujduk Potensdial Pemilih Pemilu (DP4). Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tegal Tri Guintoro melalui Kabid Yandafduk Sodik menyatakan,  data semula untuk DP4 mencapai 25.700 yang harus segera melakukan perekaman dan pencetakan.

"Per hari ini masih menyisakan sekitar 19.421 yang harus segera terlayani untuk perekaman sekaligus pencetakan. Kami optimis bisa menyelesaikan  target tersebut hingga Januari 2024 mendatang," ujarnya.

BACA JUGA:Penderita TBC di Kabupaten Brebes Capai 4.929 Pasien, 98 Meninggal

Ditegaskan, upaya jemput bola mendatangi sekolah terutama dijenjang SMK yang sempat dilakukan juga  masih menemui kendala. Hal ini terkait sebagian besar siswa SMK yang wajib KTP-el sedang menjalankan tugas  PKL ke luar daerah.

"Untuk perekaman di jenjang SMA tidak ada masalah. Kendala justru datang di jenjang SMK, dimana siswa yang wajib KTP-el sedang menjalankan agenda PKL di luar daerah," cetusnya. 

BACA JUGA:Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Raih Perunggu di Kejuaraan Tapak Suci Nasional

Disinggung soal ketersediaan  material, Sodik dengan tegas bahwa kondisi ketersediaan blanko  material KTP-el masih aman sampai Januari 2024 mendatang. Layanan perekaman sekaligus pencetakan KTP-el kini juga bisa dilayani di16 rumah paten kecamatan yang ada.

"Khusus untuk  Kecamatan Slawi dan Dukuhwaru perekaman dan poencetakan KTP-el bisa dilayani di kantor Disdukcapil maupun di Mal Pelayanan Publik," ungkapnya. 

BACA JUGA:Jasad Bayi Perempuan Terbungkus Sarung Dibuang Depan Makam di Kabupaten Brebes

Upaya jemput bola layanan di pemerintah desa juga akan diefektifkan untuk merespon permintaan dari warga desa yang lokasinya jauh dari kecamatan atau rumah patent maupun jauh dari kantor Dinas Dukcapil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: