5 Modus Pinjol Ilegal yang Bikin Rugi dan Membahayakan Data Pribadi, Nomor 1 Jangan Sampai Diabaikan!

5 Modus Pinjol Ilegal yang Bikin Rugi dan Membahayakan Data Pribadi, Nomor 1 Jangan Sampai Diabaikan!

Modus pinjol ilegal--

2. Menggunakan nama platfrom pinjol legal

Jika ada penawaran pinjol, kamu perlu mencermati dengan baik apabila merasa tidak masuk akal. Walaupun pinjol yang menawarkan pinjaman menggunakan nama platfrom yang populer, jangan tergiur!

Pinjol ilegal dapat mereplikasi nama fintech legal dan memalsukan loho OJK untuk memancing nasabah. Pembeda yang sering terlihat yaitu beda satu huruf, beda spasi, atau beda huruf besar dan kecilnya.

3. Langsung transfer ke rekening pribadimu

Apabila kamu mendapatkan transfers yang tidak jelas, sebaiknya jangan senang dulu. Kemungkinan bisa saja salah satu modul dari pinjaman online ilegal loh.

4. Pharming HP

Modus pinjaman online ilegal dapat melakukan pharming dengan mengarahkan korban untuk mengklik web palsu. Tujuan tersebut biasanya dilakukan untuk mencuri data pribadi, nomor, informasi keuangan, dan lainnya.

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol yang Bisa Cair ke E-Wallet. Cepat dan Tanpa Syarat Ribet! Bisa Kamu Mencobanya!

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data yang Paling Efektif Digunakan, Nomor 3 Jangan Sampai Terlewatkan!

Karena itu, kamu perlu waspada terhadap website palsu seperti online shop, bank, dan sejenisnya. Jika dicermati website palsu ini mudah untuk dikenali, karena menggunakan domain yang berbeda dengan aslinya.

5. Mendapat tagihan palsu

Modus yang seringkali terjadi disetiap kasus pinjol ilegal yaitu mendapatkan tagihan palsu. Cara kerjanya yaitu menggunakan metode telepon dari nomor yang tidak terkenal dan menggunakan nama pinjol legal.

Selain melalui telepon, tagihan palsu bisa melalui SMS atau pesan WA. Apabila kamu mendapatkan tagihan ini, jangan panik dulu.

Abaikan tagihan tersebut jika kamu merasa tidak menggunakan pinjaman online. Selain itu, kamu dapat memblokir nomor dari penagih pinjol tersebut.

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol Bunga Rendah di Bawah 1% Legal dan Aman Digunakan, Solusi Kebutuhan Mendesak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: