Indonesia Sumbang 52 Persen Minyak Sawit di Dunia

Indonesia Sumbang 52 Persen Minyak Sawit di Dunia

SAMBUTAN - Subhan Arif Saputro staf ahli Profesor DR Hendrawan Supratikno Komisi XI DPR RI memberikan sambutan.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Ekspor Indonesia  telah menunjukkan kinerjanya yang cukup baik. Hasil itu dapat dilihat data September 2022 tercatat tumbuh positif sebesar 20,28 persen dengan tiga komoditas unggulan ekspor. Yaitu besi baja, minyak sawit dan batubara.

Hal itu disampaikan oleh President University DR Anton Wachidin Widjaja saat menyampaikan materi di acara Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2023 di Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:Harga Ceri Kopi Tingkat Petani di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Naik

DR Anton Wachidin Widjaja  lebih lanjut mengatakan, Indonesia sendiri dapat menyumbangkan 52 persen minyak sawit terhadap pangsa pasar dunia. Bahkan telah mampu menghasilkan 40 persen dari total minyak nabati dunia

"Berdasarkan data dari Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Industri kelapa sawit telah menyediakan lapangan pekerjaan sebesar lebih dari 17 juta tenaga kerja,"katanya.

BACA JUGA:Warga SMP Negeri 2 Slawi Adakan Pembelajaran P5 Gelar Produk

Menurutnya, pekerja sebanyak itu ada yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Artinya industri sawit ini sangat bermanfaan untuk bangsa Indonesia,.

Sebelumnya, narasumber pertama  Divisi Lembaga Pemasarakatan dan Civil Sociyt Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Keuangan Muhamad Rahmat  menyampaikan materi yang berjudul peran BPDPKS dalam mendorong peran pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Belanja Daerah Pemprov Jateng Disepakati Rp28,5 Triliun, Insentif Guru Agama Dialokasikan untuk 230.830 Orang

Melalui BPDPKS dana yang telah dihimpun akan disalurkan pada masyarakat dalam berbagai bentuk bantuan. Bahkan pada saat Indonesia mengalami kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng, BPDPKS ikut memberikan intensif sehingga harga minya goreng kembali murah.

Acara Sosialisasi dan Expo Sawit Baik Indonesia 2023 di Randudongkal, Kabupaten Pemalang ini juga mengundang Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Prof. DR Hendrawan Supratikno yang diwakili oleh stafnya Subhan Arif Saputro.

BACA JUGA:Pasar Murah di Kabupaten Pemalang Diharapkan Mampu Kendalikan Inflasi

Dalam sambutannya, Subhan Arif Saputro aas nama Prof. DR Hendrawan Supratikno menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini, sebagai salah satu wujud nyata kepedulian anggota DPR RI Prof Hendrawan Supratikno pada masyarakat. Harapannya agar masyarakat Kabupaten Pemalang mendapat pengetahuan baru. 

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini, terselenggara atas kerja sama dengan Lembaga Kajian Strategi dan Pembangunan Pemerintah (LKSP) yang didukung Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: