Warga SMP Negeri 2 Slawi Adakan Pembelajaran P5 Gelar Produk

Warga SMP Negeri 2 Slawi Adakan Pembelajaran P5 Gelar Produk

ANTUSIAS - Giat pembelajaran P5 gelar produk yang diikuti warga SMPN 2 Slawi.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Warga SMP Negeri 2 SLAWI melakukan kegiatan pembelajaran tentang materi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tema yang diangkat pada proyek P5 yaitu Kewirausahaan agar setiap siswa dapat mengidentifikasikan potensi ekonomi di tingkat lokal, masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan sosial dan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA:Xiaomi Redmi A2! Hp Apik dengan Harga di Bawah 1 Jutaan 2023, Cek Spesifikasi Lengkapnya

Kepala SMP Negeri 2 Slawi  Akhmad Mukhtamirin SPd MPd menyatakan, kegiatan P5 mendapat sambutan antusias dari bapak ibu Guru serta siswa lainnya untuk membeli dan memborong makanan dan minuman yang dijual. 

"Adapun model pembelajaran yang diterapkan pada kegiatan P5 tentang model pembelajaran berbasis projek, berbasis masalah, dan pemodelan dengan metode diskusi, dan tanya jawab," ujarnya. 

BACA JUGA:Belanja Daerah Pemprov Jateng Disepakati Rp28,5 Triliun, Insentif Guru Agama Dialokasikan untuk 230.830 Orang

Pelaksanaan P5 dilakukan melalui beberapa tahapan sesuai panduan yaitu tahapan pengenalan, konstekstual, aksi nyata, refleksi, dan evaluasi.  

"Siswa memahami konsep wirausaha dan menumbuhkan sikap wirausaha pada tahap pengenalan, selanjutnya masuk pada tahap kontekstual dan aksi nyata dalam gelar produk," cetusnya.

BACA JUGA:Pasar Murah di Kabupaten Pemalang Diharapkan Mampu Kendalikan Inflasi

Gelar produk yang ditampilkan  oleh siswa seperti aneka macam masakan dan jajanan yang ditawarkan bervariasi serta untuk harga yang ditawarkan relatif murah.

Kegiatan tersebut dapat melatih jiwa wirausaha pada siswa untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki serta mendukung kegiatan ekonomi dimasa depan yang mereka hadapi.  

BACA JUGA:Beri Bekal Makanan dan Jajan Sehat dari Dapur Sekolah di Kecamatan Bantarbolang Pemalang

"Diharapkan para siswa dapat memiliki jiwa wirausaha dan menambah kesejahteraan perekonomian masyarakat sekitar," ungkapnya.

Kegiatan tersebut banyak manfaat  yang didapat oleh murid dengan mempelajari tema kewirausahaan. Murid dapat merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kontribusi pembangunan berkelanjutan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: