Seriusnya Pemkab Tegal Tangani Kemiskinan, Dua Kecamatan Diberi Bantuan Usaha

Seriusnya Pemkab Tegal Tangani Kemiskinan, Dua Kecamatan Diberi Bantuan Usaha

Bupati Tegal Umi Azizah saat menyerahkan bantuan pengembangan usaha kepada warga di Kecamatan Balapulang, Rabu 22 November 2023.-Yeri Noveli-jateng.disway.id

BALAPULANG, DISWAY JATENG - Untuk menurunkan angka kemiskinan, berbagai langkah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Selain menyalurkan bantuan sosial (Bansos), Pemkab Tegal juga memberikan bantuan pengembangan usaha di dua kecamatan. Yakni, Kecamatan Lebaksiu dan Balapulang.

Namun, sebelum bantuan itu disalurkan ke penerima manfaat, Pemkab lebih dulu menggelar pelatihan keterampilan tata boga, menjahit dan ternak kambing. Pelatihan ini dipusatkan di Pendapa Kantor Kecamatan Balapulang, Rabu 22 November 2023.

BACA JUGA:Tagana Dinsos Dipacu Mampu Kelola Informasi Kebencanaan

Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri pelatihan itu mengatakan, keseriusan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan, ditempuh dengan berbagai upaya. Salah satunya melalui program perlindungan sosial. 

Selain PKH, Program Indonesia Pintar, hingga bantuan iur JKN KIS, juga ada program pemberdayaan masyarakat yang pada implementasinya difokuskan untuk mendukung program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim agar keluarga penerima manfaatnya mampu mengembangkan usaha.

BACA JUGA:Keren! Dinsos Bersiap Bangun Zona Integritas Menuju WBK

Program pemberdayaan seperti pemberian modal bantuan pengembangan usaha dan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga yang pada gilirannya mereka tidak lagi bergantung pada bantuan sosial karitatif.

"Saya berharap, selain diberi modal usaha dan pelatihan, juga harus ada pendampingan usaha sampai masing-masing penerima manfaat benar-benar berdaya," kata Bupati Umi Azizah.

Jika sudah berhasil, lanjut Umi, mereka harus siap graduasi dari program bansos seperti PKH, sembako, dan lainnya. Artinya, mereka tidak lagi menerima bansos karena sudah berhasil keluar dari kemiskinan. 

BACA JUGA:UMK 2024 Kabupaten Tegal Diusulkan Naik 4,03 Persen, Jadi Rp 2.191.161

"Dengan begitu, kuota bansos yang kosong ini bisa dialihkan ke keluarga miskin lainnya," sambungnya.

Umi mengaku sangat mendukung program penanggulangan kemiskinan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Selain bisa berdampak pada kemandirian ekonomi keluarga, juga ada penanaman sikap mental mereka untuk bekerja atau berwirausaha.


Bupati Tegal Umi Azizah saat menyerahkan bantuan pengembangan usaha kepada warga di Kecamatan Balapulang, Rabu 22 November 2023.-Yeri Noveli-jateng.disway.id

Menurut Umi, salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah soal mental miskin seperti malas gerak, malas bekerja, malas berusaha karena lebih suka minta-minta, pasrah tanpa ada usaha yang maksimal, enggan berkompetisi, tidak punya rencana atau cita-cita. Sehingga mereka terjebak pada kondisi nyaman kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: