SMK Negeri 1 Dukuhturi Raih Juara I Pentas Seni Nusantara

SMK Negeri 1 Dukuhturi Raih Juara I  Pentas Seni Nusantara

MENAMPILKAN - SMK Negeri 1 Dukuhturi menampilkan tarian Guyub Tani dalam lomba memperingati HUT ke-78 PGRI.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Untuk memperingati HUT PGRI yang ke 78 PGRI ranting Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal menggelar pentas seni bertajuk nusantara, di Gedung KPRI-KP Dukuhturi. pentas seni diikuti oleh guru-guru SD,SMP, SMA, dan SMK se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. pentas seni kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena mengusung pentas seni nusantara.

Pentas seni nusantara tersebut digagas dengan tujuan untuk ikut melestarikan budaya-budaya seni yang sedikit menghilang. Karena tergerus oleh zaman, sehingga diharapkan dengan adanya pentas seni nusantara tersebut, budaya-budaya Indonesia terutama budaya daerah akan terus lestari dan tetap dapat terjaga sampai kapanpun. Pentas seni Nusantara kali ini dimenangakan oleh SMKN 1 Dukuhturi yang menampilkan tarian guyub tani, filosofi tari melambangkan kebersamaan dan kegembiraan petani dalam bercocok tanam. 

BACA JUGA:Limbah Batik di Kabupaten Tegal Diminta Tidak Cemari Lingkungan

Tari guyub tani yang diprakarsai oleh guru seni tari Ika Setyaningrum SPd dan dua rekan guru lainnya, Dewi Indrawati, SPd dan Fairuz Labibah SPd sempat memukau juri, tarian ini dianggap mempunyai nilai estetik yang tinggi dan berbeda dengan peserta lainnya Dra A Marsiti MM menyambut senang dengan dimenangkannya lomba tari nusantara tersebut.

BACA JUGA:Gandeng Radar Tegal, SMKN 1 Adiwerna Gelar Workshop Jurnalistik

 “Saya bangga dengan guru-guru sekarang, yang masih mempunyai hoby menari tradisional, karena bagi kami, tarian ini  selain dapat memperkenalkan budaya daerah kepada masyarakat, dapat juga seabagai bentuk pelestarian dan motivasi bagi siswa-siswa kami lainnya agar ikut serta menjaga dan melestarikan budaya daerah”, pungkas Marsiti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: