Gandeng Radar Tegal, SMKN 1 Adiwerna Gelar Workshop Jurnalistik

Gandeng Radar Tegal, SMKN 1 Adiwerna Gelar Workshop Jurnalistik

GM Radar Tegal M Sekhun memaparkan materi soal penulisan berita pada peeserta Workshop Jurnalistik.-dok.ist-jateng.disway.id

ADIWERNA, DISWAY JATENG - SMKN 1 Adiwerna mengadakan Workshop Jurnalistik dengan menggandeng Radar Tegal, Senin 20 November 2023. Workshop diikuti 144 siswa yang tergabung dalam organisasi sekolah seperti OSIS, MPK, PKS, PMR, Rohis, BES, OPPLH, Paskibra, dan Pramu dengan narasumber General Manager Radar Tegal M Sekhun.

Dalam materinya, M Sekhun menekankan beberapa poin penting yang harus dipegang oleh seorang jurnalis. Di antaranya yaitu bahasa jurnalistik, rukun iman jurnalistik, dan struktur berita. Sekhun mengajak siswa yang hadir untuk menebak perbedaan antara informasi dan berita, serta menegaskan bahwa informasi belum tentu berita.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Gelar Monev Surve Lingkungan Belajar

"Informasi dan berita itu berbeda. Kenapa? Karena Infornasi belum tentu berita, tapi berita sudah pasti informasi," kata Sekhun.

Siswa yang menjadi peserta workshop pun antusias dalam diskusi yang dibawakan oleh narasumber. Dalam sesi diskusi banyak siswa yang bertanya mengenai diskusi yang dibahas.

"Ternyata membuat berita tidak sesulit yang kita bayangkan, jika kita sudah menguasai informasi yang didapat dan berani mulai menulis," ujar Siti Masturoh salah satu siswa peserta workhsop.


GM Radar Tegal M Sekhun memaparkan materi soal penulisan berita pada peeserta Workshop Jurnalistik.-dok.ist-jateng.disway.id

SMKN 1 Adiwerna mengadakan workhsop ini dengan tujuan supaya siswa yang mengikuti mampu mengimplementasikan materi dengan baik dan positif serta dapat kembali menggiatkan semangat jurnalistik siswa di SMKN 1 Adiwerna.

BACA JUGA:2.551 Lanjut Usia Keluarga Tunggal di Kabupaten Tegal Terima Bantuan Permakanan

BACA JUGA:Kearifan Lokal, Bupati Tegal Ajak Masyarakat Pakai Batik Tulis

Ditempat sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 1 Adiwerna, Risun SPd meminta semua peserta workshop untuk mengikuti kegiatan secara tuntas, perhatikan dan praktekan hasil workshop ini. Sehingga kegiatan ini ada manfaatnya, utamanya  untuk SMKN 1 Adiwerna.

“Pematerinya kompeten, langsung GM Radar Tegal. Jadi  kami minta perhatikan dan ikuti secara serius,” papar Risun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: