Bupati Pemalang Mansur Hidayat Sosialisasikan Pengolahan Sampah

Bupati Pemalang Mansur Hidayat Sosialisasikan Pengolahan Sampah

SOSIALISASI - Bupati Pemalang Mansur Hidayat mensosialisasikan pengolahan sampah kepada masyarakat Desa Klareyan.Foro: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG – Untuk mengatasi masalah sampah di Kabupaten PEMALANG. Bupati turun langsung ke desa-desa untuk melakukan sosialisasi pengolahan sampah. Seperti yang baru saja dilaksanakan di Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, kemarin Bupati Mansur bersama Dinas Lingkungan Hidup mensosialisasikan pengolahan sampah kepada masyarakat desa.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan, sampah merupakan hasil buangan proses produksi,  baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sampah juga bisa diartikan sebagai sisa kegiatan manusia sehari-hari yang membentuk sampah organik dan sampah anorganik. Disisi lain sampah juga bisa bermanfaat apabila dikelola dengan baik. 

BACA JUGA:Jembatan Sibiyuk di Pagerbarang Tegal Hampir Jadi, Bulan Depan Diresmikan

“Kalau dikelola dengan baik, sampah itu bisa bermanfaat. Contohnya sampah organik bisa dikelola menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan oleh tanaman,”katanya.

Menurutnya, sampah itu apabila tidak bisa dikelola oleh warga masyarakat, minimal dikelola oleh desa atau kecamatan, bagaimana sampah itu bisa bermanfaat untuk semuanya.

BACA JUGA:Agar Terarah, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Mulai Menyusun Programa Penyuluhan 2024

Kabid Pengendalian dan Konservasi Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang, Usni Marini menjelaskan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agar masyarakat ikut serta dalam upaya mengatasi masalah sampah dengan melakukan pengolahan sampah di tingkat rumah tangga. Yaitu sampah di rumah tangga 

untuk dilakukan pemilahan.  

Mengingat, TPA Pesalakan sudah mulai overload, maka diharapkan sampah yang dibuang ke TPA sudah menjadi residu atau sisa dari rumah tangga. Khususnya sampah yang ada di wilayah Kecamatan Petarukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: