Timkor OPKKB Kabupaten Brebes Gaspol Kader Kampung KB

Timkor OPKKB Kabupaten Brebes Gaspol Kader Kampung KB

KEBUT - Timkor OPKKB yang terintegrasi dengan OPD terkait ditargetkan gaspol pendampingan kampung KB.Foto: Syamsul Falaq/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, BREBES - Setelah pengukuhan Tim Koordinasi Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, tugas kader kampung KB langsung digenjot. Fokusnya, mendongkrak pendampingan dan realisasi program kampung KB di 297 desa dan kelurahan. Sebab, target kader kampung KB fokus pada edukasi Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia. Termasuk, pelayanan KB MKJP jenis implan yang paling mendominasi dan pilihan banyak peserta KB.

BACA JUGA:Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pemalang Hasil Program Labinov Dipamerkan

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun menyampaikan, setelah dilaunching sebagai realisasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas bahwa Kampung KB harus setingkat Desa/Kelurahan. Kewajiban Timkor OPKKB, mewujudkan kampung keluarga berkualitas secara merata dan menyeluruh.

"Pastikan Timkor OPKKB, mengevaluasi dan terjun langsung mendampingi kader kampung KB. Sehingga, semua kendala teknis bisa langsung diatasi," ungkapnya.

BACA JUGA:CAT, KTP-el, Kartu Tes dan Pensil Wajib Dibawa Peserta saat Ujian

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan DP3KB Kambali menambahkan, menindaklanjuti pengukuhan KKB menjadi puncak serangkaian kegiatan sebelumnya. Yakni, rakor penguatan  KKB yang dipimpin Sekda Brebes Djoko Gunawan dan pembentukan TimKor KKB. Pengurusnya, melibatkan Kepala DP3KB, Kepala Dinkes serta OPD terkait. Termasuk, camat dan kades hingga lurah di 297 desa dan kelurahan. 

"Setelah fasilitasi dan orientasi bagi pengelola website KKB dan rumah dataku. Launching KKB dan pengukuhan Timkor OPKKB bisa mendongkrak penyelengaraan KKB di kabupaten Brebes," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: