Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pemalang Hasil Program Labinov Dipamerkan

Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pemalang Hasil Program Labinov Dipamerkan

MENINJAU - Bupati Pemalang Mansur Hidayat meninjau stand pameran inovasi pelayanan publik di GOR Kridanggo.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sebanyak 43 inovasi pelayanan publik hasil pelaksanaan Program Laboratorium Inovasi (Labinov). Kerja sama Pemerintah Kabupaten Pemalang bersama Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), di GOR Kridanggo dipamerkan. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan budaya inovasi dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan.

Assisten III Sekda Kabupaten Pemalang Supa'at menyampaikan, esensi kegiatan pameran inovasi pelayanan publik ini adalah mensosialisasikan inovasi yang telah berhasil yang memasuki tahap akhir program Labinov. Yaitu tahapan display karena inovasinya telah diimplementasikan dan melahirkan manfaat bagi masyarakat, khususnya Kabupaten Pemalang. Disamping itu,  memacu percepatan pelayanan publik, yang prima di Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:CAT, KTP-el, Kartu Tes dan Pensil Wajib Dibawa Peserta saat Ujian

Tujuan  kegiatan  pemeran ini, menurutnya, untuk mensosialisasikan pelayanan publik hasil program Labinov hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan LAN RI.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan budaya berinovatif dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik. Serta Terwujudnya pelayanan prima di Kabupaten Pemalang,"katanya.

Peserta pameran inovasi pelayanan publik tahun 2023, ada sebanyak 43 inovasi yang dihasilkan oleh perangkat daerah, bagian, pada lingkungan  organisasi perangkat daerah (OPD) pada dinas, badan dan BUMD di Kabupaten Pemalang. Selain itu ada 10 UMKM,  bursa kerja dan sdukasi pengolahan sampah yang ikut dipamerkan.

BACA JUGA:Polsek Comal Polres Pemalang akan Tindak Premanisme

Deputi Bidang Kajian  Kebijakan Inovas LAN RI  Triwododo mengatakan bahwa inovasi yang telah dilakukan adalah inovasi yang berkelanjutan. Artinya jangan pernah puas apa yang telah dicapai hari ini. Meskipun kegiatan pameran inovasi pelayanan publik ini menjadi tonggak sejarah bagi Kabupaten Pemalang.

"Pameran inovasi ini, meskipin menjadi tongkat sejarah, tapi tugas kita kedepannya  menciptakan inovasi - inovasi baru untuk masa yang akan datang,"jelasnya.

BACA JUGA:Bentrok Dua Kelompok, Satu Terkena Sabetan Clurit Gegara Saling Tantang di Media Sosial

Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka kegiatan pameran inovasi, berharap inovasi ini tidak harus dilakukan kepala OPD nya. Tapi juga bisa dilakukan oleh masing-masing pegawai atau ASN  yang ada di lingkungan dinasnya. Karena semua boleh berinovasi, maka dengan inovasi ini akan membantu masyarakat secara keseluruhan.  Tentunya agar masyarakatnya senang mendapatkan layanan yang baik dan semua juga akan senang.

BACA JUGA:Warga Sambeng Kabupaten Pemalang Ikuti Skrining Penyakit Tidak Menular

"Ayo kita berinovasi sebanyak - banyaknya . Seperti misalnya inovasi dalam bidang pertanian, menanam padi dengan alat ataupun mungkin menyemprot padi dengan alat, Sehingga tidak harus menggunakan tenaga orang untuk melakukannya, tapi dengan alat pertanian yang ada,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: inovasi pelayanan publik kabupaten pemalang dipamerkan