6 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Unik dan Memanjakan Lidah, Wajib Cicipi Bikin Nagih!

6 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Unik dan Memanjakan Lidah, Wajib Cicipi Bikin Nagih!

makanan khas Jepara--foto insiden 24

DISWAY JATENG - Kota kelahiran RA Kartini, Jepara memang memiliki berbagai jenis daya tarik. Lokasinya yang berada langsung berbatasan dengan laut Jawa, membuat Jepara mempunyai banyak pantai yang indah nan menawan.

Dibuktikan dengan wisata kepulauan Karimun Jawa yang kerap kali dijadikan sebagai destinasi liburan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dikenal dengan kota kelahiran RA Kartini dan beberapa tempat wisata saja, tetapi Jepara juga dikenal dengan makanan khasnya. Maka dari itu, ketika berkunjung ke Jepara, sebaiknya jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khasnya.

Makanan khas Jawa Tengah, khususnya yang berasal dari Jepara juga dapat memberikan keindahan tersendiri bagi para pecinta kuliner. Cita rasa yang khas serta tradisional akan turut melengkapi paket perjalanan atau dunia wisata di Jepara. 

Berikut Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Wajib Kalian Cicipi :

BACA JUGA:5 Wisata Pantai di Jepara dengan Keindahan yang Memukau, Nomor 3 Surganya Para Snorkeling

1. Moto Belong

Makanan ini adalah salah satu jajanan tradisional khas Jepara yang banyak dijual di pasar tradisional. Makanan khas Jepara ini dinamai moto belong karena memiliki bentuk seperti mata dengan bagian tengah yang belong atau melotot.

Moto belong berbahan dasar dari singkong yang diparut, kemudian dibentuk bundar, dan diberi pisang pada bagian tengahnya. Makanan ini, biasa dijual dengan harga mulai dari Rp.5.000,-.

2. Blenyik

Blenyik atau yang memiliki nama lain tempong adalah salah satu makanan khas Jepara yang merupakan olahan dari ikan laut. Blenyik adalah ikan-ikan teri kecil yang dikumpulkan menjadi satu serta dibentuk menyerupai bala-bala/bakwan. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng menggunakan tepung terigu, garam, kemiri, dan merica.

Makanan ini memiliki cita rasa yang asin dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan sebagai lauk makan nasi maupun sebagai camilan sembari bercengkerama atau menonton TV. Blenyik dapat diperoleh di sekitar pedagang ikan di Jepara maupun di pasar tradisional dengan harga Rp.10.000,- perbungkusnya.

3. Soto Jepara

Salah satu menu makanan khas Jepara yang cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan adalah soto Jepara. Soto ini mempunyai kuah kaldu bening agak kekuningan dan dipadukan menggunakan santan sebagai campurannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: