10 Daftar Makanan Khas Padang yang Memanjakan Lidah, Terkenal Lezat dan Menggugah Selera

10 Daftar Makanan Khas Padang yang Memanjakan Lidah, Terkenal Lezat dan Menggugah Selera

makanan khas padang--foto idn times

DISWAY JATENG - Makanan padang banyak dikenal oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Tidak hanya nasi padang, ternyata masih banyak sekali makanan khas Padang yang memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat.

Identik dengan cita rasa yang kuat dan cenderung pedas, maka tak heran apabila banyak masyarakat yang menggemari makanan khas Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini. 

Berikut Rekomendasi Makanan Khas Padang yang Lezat :

1. Sate Padang

Sate padang berbeda dari sate yang ada di daerah lain, sate padang disajikan dengan saus berempah yang dimasak dengan tepung beras hingga kental. Sate padang biasanya disajikan dengan potongan ketupat dan tambahan kerupuk jangek yang dicocol ke dalam sausnya sehingga rasanya akan lebih nikmat dan pas.

Sate padang memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai ciri yang berbeda. Seperti sate Padang Panjang yang saus satenya identik dengan warna kuning, kemudian Sate Pariaman yang memiliki ciri saus sate berwarna kemerahan, dan sate danguang-danguang yang sausnya lebih kental dan dilengkapi dengan parutan kelapa, sehingga memiliki rasa yang lebih gurih.

2. Dendeng Batokok

BACA JUGA:Buktikan Anda Bisa Bikin Rendang Sapi Ala Rumah Makan Padang! Ini Resepnya

Dendeng batokok merupakan salah satu sajian berupa dendeng sapi yang dimemarkan hingga pipih kemudian digoreng setengah kering. Lalu saat disajikan dendeng tersebut disiram dengan sambal cabai hijau yang pedas dan ditambahkan dengan irisan tomat hijau yang asam dan segar.

3. Dendeng Balado

Makanan yang satu ini juga dapat dengan mudah dijumpai di rumah makan Padang. Dendeng balado biasanya digoreng setengah garing kemudian dipadukan dengan bumbu cabai yang berlimpah sehingga membuat rasanya pedas dan nikmat.

4. Gulai Itiak

Gulai itiak merupakan kuliner yang menggunakan itik atau bebek sebagai bahan utamanya. Diolah menggunakan bumbu yang memiliki rasa gurih dan pedas, gulai itiak akan sangat nikmat apabila dinikmati dengan nasi panas.

5. Gulai Tauco

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: