Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Rapat Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Rapat Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru

REMBUNG - Bidang terminal Dinas Perhubungan bersama pengurus PO membahas kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya persiapan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ditempuh Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal dengan menggelar tapat kesiapan angkutan. Guna menghadapi lonjakan arus mudik dan balik. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Terminal Agil Suprayogi menyatakan, rapat internal kali ini digelar bersama dengan pengurus perusahan Oto Bus Sinar Jaya, Dewi Sri, Dedi Jaya,  Setia  Negara dan Menara Dewantara, 

BACA JUGA:Berkekuatan Hukum Tetap, Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan Kejari Kabupaten Tegal

"Kami menekankan perlu adanya langkah antisipasi terhadap kenaikan jumlah penumpang dan pemenuhan standar keselamatan bus yang beroperasi," ujarnya.

Sebagai gambaran awal pada periode arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru 2022 yang lalu. Tercatat 5.567 penumpang diberangkatkan dari Terminal Dukuhsalam Slawi. 

BACA JUGA:Kebutuhan Pokok Terbatas, Masyarakat Kurang Mampu Menjadi Prioritas

"Diprediksi untuk tahun 2023 ini akan ada kenaikan sebesar 20-25 persen dari tahun lalu. Dengan puncak arus penumpang  di Terminal diprediksi akan terjadi pada 24-26 Desember 2023 mendatang," cetusnya.

Semua PO diharapkan dapat menyiapkan armadanya. Tentunya, armada yang berizin, melaksanakan uji berkala dan memenuhi standar keselamatan atau laik jalan. Sekaligus mengingatkan kepada pengemudi bus AKAP agar selalu menjaga kesehatan dan dalam kondisi yang prima serta tidak dalam keadaan mabuk. 

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Brebes Desak Pj Bupati Cabut SE Pemberlakuan Outsourcing

"Dalam kesempatan tersebut PO siap menyiapkan 43 armada bus untuk operasional dalam menyambut Angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Dukuhsalam Slawi. Sehingga tidak ada penumpang yang terlantar," ungkapnya.

Guna meningkatkan keamanan dan ketertiban di terminal, Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal juga akan melakukan pemasangan CCTV. Guna memantau armada bus, kendaraan yang parkir  dan penumpang yang akan diberangkatkan dari Terminal Dukuhsalam. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: