Digitalisasi Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas Layanan Informasi Publik

Digitalisasi Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas Layanan Informasi Publik

MEMBUKA - Bupati Pemalang Mansur Hidayat membuka Bakohumas di salah satu hotel.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG  – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten PEMALANG. Diminta untuk memanfaatkan era digitalisasi. Guna  meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam melayani masyarakat

Hal itu disampaikannya  Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka Bakohumas di salah satu hotel di Pemalang. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Janji akan Kawal Hasil Kesepakatan Terkait Masalah Program PKH dan BPNT

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, era digital yang saat sedang berkembang sangat baik. Bagi pemerintah untuk monitoring layanan masyarakat agar lebih cepat dijawab. Untuk itu, dengan adanya perkembangan era digitalisasi. Maka semua pengaduan dari masyarakat dapat lebih cepat direspon oleh pemerintah. Sehingga pemerintah dinilai responsif dan baik dalam melayani masyarakat. 

“Kalau ada pengaduan dari masyarakat bisa cepat dijawab. Karena sudah era digitalisasi, jika tidak cepat dijawab maka pemerintah dianggap tidak baik,”katanya.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Perkuat Capaian Peningkatan Mutu Sekolah Penggerak

Berkaitan dengan efisiensi di era digital,  Mansur mencontohkan seperti surat dokumen dan lainnya, di masa  sekarang  menggunakan digital.  Sehingga menghemat anggaran untuk mencetak dokumen tersebut. Pihaknya, mendorong kepada seluruh jajaran untuk memanfatkan era digitalisasi. Guna mendorong peningkatan efisiensi dan efektifitas dalam melayani masyarakat.

Mansur sendiri membantah anggapan sejumlah pihak bahwa dalam melayani masyarakat diperlukan anggaran yang besar.  Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena melayani masyarakat itu tidak memerlukan anggaran. Yaitu dengan memberikan senyuman para aparat pemerintah. 

BACA JUGA:BPBD Gandeng Undip Susun Dokumen Rencana Kontijensi Bencana

“Pelayanan tidak harus menggunakan anggaran, seperti di rumah sakit misalnya dengan memberikan senyuman, maka orang yang sakit minimal akan mengurangi rasa saat yang sedang diderita,"ujarnya.

Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah Siti Farida menegaskan, pemerintah sudah berkomitmen untuk melayani dan berjanji. Untuk mengabdi kepada masyarakat. Maka bukan anggaran untuk meningkatkan pelayanan, namun semuanya berawal dari hati masing-masing aparatur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: