Aksi Cepat BPBD Kabupaten Tegal Assesment Bencana Puting Beliung

Aksi Cepat BPBD Kabupaten Tegal Assesment Bencana Puting Beliung

Tim assesment BPBD Kabupaten Tegal memberikan bantuan logistik dan berembug dengan perangkat desa paska bencana angin puting beliung -Hermas Purwadi-jateng,disway.id

SLAWI, DIDSWAY JATENG - Paska terjadinya bencana angin puting beliung, yang menerjang Desa Karangmalang,Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Relawan BPBD melakukan aksi cepat assesment terhadap beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan. Dari data yang ada lokasi kejadian bencana, kali ini terjadi di RT 01/ RW 01, RT 02/ RW 01, dan RT 20/ RW 08 Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbateng.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Elliya Hidayah menyatakan, dampak dari bencana angin puting beliung, rata-rata rusaknya atap genting rumah warga, dan gudang jagung.

BACA JUGA:Persediaan Logistik Bencana BPBD Kabupaten Tegal Minim, Tunggu Bantuan dari BPBD Provinsi

"Tercatat ada 6 ruimah warga yang mengalami kerusakan, serta gudang jagung sebelah utara jalan yang atap baja ringannya mengalami rusak parah," ujarnya Minggu 5 November 2023 .

Kebutuhan mendesak, yang dibutuhkan warga paksa bencana adalah atap seng gelombang sebanyak 120 buah, dan untuk atap baja ringan belum bisa diperkirakan.

"Bencana angin puting beliung ini terjadi pada pukul 16.00 WIB, seiring dengan turunnya hujan disertai angin selama 20 menit," cetusnya.

BACA JUGA:48 Hektare Hutan Lindung di Kabupaten Tegal Rusak, BPBD Lakukan Ini

Bencana angin puting beliung disaat yang sama juga terjadi di Desa Margapadang Kecamatan Tarub.

"Salah satu satuan pendidikan MDA Arrohman terdampak paling serius. Atap asbes ruang kelas hancur, dan untuk sementara waktu tidak bisa untuk kegiatan KBM MDA Arrohman Margapadang tersbeut. Saat ini juga asedang digunakan untuk transit kegiatan belaja rmengajar SD Martgapadang I yang sedang direbab," ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Musim Hujan, BPBD Kabupaten Tegal Petakan Kawasan Rawan Banjir

Kejadian di RW 02 tersebut, terditeksi merusakkan rumah warga sebanyak 23 unit diantaranya 2 mengalami rusak berat, dan sisanya rusak ringan. Serta 1 unit mobil yang tertimpa pohon dengan kerugian diperkirakan seklitar Rp 5 juta. Tim assesment BPBD Kabupaten Tegal sempat melakukan koordinasi dengan perangkat desa berikut Polsek setempat, paska kejadian tersebut.
Simbolis BPBD Kabupaten Tegal menyerahkan logistik ke sekdes Karangmalang-Hermas Purwadi-jateng,disway.id

Disamping itu, BPBD Kabupaten Tegal juga memberikan bantuan logiostik yang dibutuhlamn warga paska kejadian. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: