Mitos dan Daya Tarik Curug Cantel di Tegal, Keindahan Alam Tersembunyi di Kaki Gunung Slamet

Mitos dan Daya Tarik Curug Cantel di Tegal, Keindahan Alam Tersembunyi di Kaki Gunung Slamet

curug cantel tegal--foto kompas.com

DISWAY JATENG - Curug Cantel merupakan salah satu wisata air terjun yang populer dan tidak pernah sepi pengunjung. Bagi kalian yang belum mengetahui dimana letak Curug Cantel, lokasinya berada di Kecamatan Bumijawa, Tegal.

Tepatnya di perbatasan Tegal dan Brebes, lokasinya juga tidak jauh dari jalan raya. Dan berada di ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan laut, sehingga jalan menuju Curug tersebut dl dipenuhi tikungan.

Pemandangan dari Air Terjun Cantel ini sendiri tidak perlu diragukan lagi, cukup indah dan sejuk. Apalagi pengelola setempat telah menyediakan berbagai fasilitas, terutama spot foto.

Konon, jika ada pengunjung yang belum mempunyai pasangan dan membasuh muka dengan menggunakan air terjun Cantel ini, maka dipercaya yang bersangkutan akan segera menemukan pasangan. Begitu juga dengan pasangan kekasih yang datang mengunjungi Curug Cantel kemudian mencuci muka, maka dipercaya pasangan tersebut akan selalu bersama/cemantel.

BACA JUGA:Misteri dan Daya Tarik Curug Pengantin, Dua Sejoli dengan Kisah yang Tragis

Aliran airnya sedikit berundak di bagian bawah seperti menempel atau mengikat atau terkait pada tebing. Keadaan yang seperti itu disebut warga sekitar dengan nama “cemanthel” dan Cantel diambil dari kata cemantel. Air terjun ini berada di perbatasan antara Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Brebes.

Sebuah air terjun yang diapit oleh dua tebing tinggi yang indah dengan pemandangan alamnya yang menawan.Di kiri kanan tebing ditumbuhi pepohonan yang hijau dan asri memanjakan mata.

Daya Tarik Air Terjun Cantel

Keindahan Curug Cantel yang Mempesona, Dengan ketinggian air terjun Cantel sekitar 60 meter, dan debit airnya cukup deras terutama di musim hujan. Hingga menghasilkan cipratan air padahal jarak kita cukup jauh dari air terjun.

Letak Air Terjun Cantel ini terkesan tersembunyi, terhalang tebing batu dan aliran air. Keindahan alam yang ditampilkan sangatlah indah, tidak heran jika air terjun ini selalu ramai pengunjung. Cocok sekali bagi kalian yang ingin menenangkan diri dan menyegarkan kembali kesehatan jasmani dan rohani. Suara gemericik air selalu menjadi pusat perhatian ditelinga kalian. Aliran air yang dihasilkan sangat jernih dan bersih. Terdapat kolam alami di bawah air terjun. Kolamnya tidak terlalu besar, juga tidak dalam.

Mitos Air Terjun Cantel

Ada mitos terkait Curug Cantel. Mitos ini pasti akan membuat para wanita atau pria lajang merasa penasaran dan ingin segera mengunjunginya. Mitos yang diyakini adalah jika kalian belum mempunyai pasangan kemudian mencuci muka atau berwudhu dengan menggunakan air Curug Cantel ini, maka diyakini kalian akan segera menemukan jodoh.

Berbeda jika ada pasangan yang datang berkunjung ke Curug Cantel, ketika sepasang suami istri datang berkunjung ke Curug Cantel lalu mencuci muka atau berwudhu, diyakini pasangan tersebut akan selalu terikat satu sama lain. 

Mitos selalu diidentikkan dengan kekuatan gaib yang dimiliki suatu tempat. Percaya atau tidak, kalian berhak memutuskan apakah ini benar atau tidak. Satu yang pasti keindahan alam Air Terjun Cantel ini sungguh luar biasa dan sayang untuk dilewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: