358 Alumni Latsar CPNS Pemkab Tegal Diminta Tingkatkan Kompetensi dan Inovasi

358 Alumni Latsar CPNS Pemkab Tegal Diminta Tingkatkan Kompetensi dan Inovasi

Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, foto bersama dengan ratusan alumni Latsar CPNS Pemkab Tegal, di Gedung Dadali Kabupaten Tegal, Kamis (26/10).-Yeri Noveli-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Para alumni pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Tegal diminta mampu mengembangkan kompetensi dan inovasinya.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal Mujahidin, saat kegiatan expose Latsar, di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Kamis 26 Oktober 2023.

Kegiatan yang disiarkan langsung melalui youtube ini diikuti sedikitnya 358 alumni Latsar CPNS Pemkab Tahun 2023.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Dikbud Kabupaten Tegal Gerakkan Kembali Usaha Kesehatan Sekolah Anak Usia Dini

Latsar ini sebelumnya dilaksanakan pada 13 Februari hingga 28 Juli 2023 lalu. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jateng.

"Latsar sudah diselenggarakan beberapa bulan yang lalu, dan kini tahap pemantauan aktualisasinya," kata Mujahidin.

Dia menjelaskan, kegiatan expose ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terkait pengembangan kompetensi dan inovasi bagi PNS Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Gandeng Tanoto Foundation, Pemkab Tegal Evaluasi Perubahan Perilaku Stunting

Karena kebutuhan PNS yang berkualitas dengan kompetensi unggul dan berperilaku baik, sudah tidak dapat ditawar lagi. 

Dia menjelaskan, Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN merupakan tonggak perubahan pengelolaan Manajemen SDM Aparatur di Indonesia. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembenahan sistem pemerintahan terus-menerus sedang dilakukan untuk mendorong penerapan good governance dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik," ujarnya.

BACA JUGA:2 Atlet Kabupaten Tegal Lolos Seleksi Pra PON Jawa Tengah, Pimpinan DPRD Beri Apresiasi

Diharapkan, para alumni Latsar untuk dapat berperan secara aktif sebagai agen perubahan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 yang menekankan pola digitalisasi. 

Terlebih, tujuan yang ingin dicapai dari Latsar CPNS ini yakni dapat menghasilkan PNS profesional yang berkarakter dalam melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat dengan menunjukkan sikap perilaku bela negara dan menanamkan nilai-nilai dasar ASN Berakhlak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: