Dewan Kesenian Pemalang Gelar Road Show dan Silaturahmi Seni Budaya

Dewan Kesenian Pemalang Gelar Road Show dan Silaturahmi Seni Budaya

MEMUKAU - Penampilan kesenian tradisional sintren dan jaran ebeg cukup menghibur warga masyarakat Desa Bojongnangka.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Dewan Kesenian  PEMALANG (DKP)  melakukan road show dan gelar Kesenian tradisional di desa-desa. Kali ini, road show Kesenian tradisional sintren dan jaran ebeg dilaksanakan di Desa Bojongnangka, Kecamatan PEMALANG, kemarin. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Perekaman KTP-el untuk Pemilih Pemula di Jateng Terus Digenjot

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pemalang Andi Rustono mengatakan, road show dan silaturahmi budaya gelar sintren dan jaran ebeg ini merupakan hiburan untuk masyarakat. Meskipun sekarang ini masyarakat tidak kurang-kurangnya untuk mendapatkan hiburan. Karena sekarang tinggal pegang handphone dan membuka YouTube atau membuka permainan game. Bahkan ada juga melalui televisi  ada hiburan seperti tayangan sinetron.

BACA JUGA:Infinix Zero 20! Hp Kamera Berkualitas 108 MP dan Spesifikasi Apik dengan Harga Terjangkau di 2023

"Untuk itu  melalui hiburan kesenian tradisional ini, maka kita sama-sama menguri-uri budaya dan sama-sama melestarikan seni budaya,"katanya.

Kesenian tradisional dengan iringan gamelan,  merupakan warisan para leluhur, khususnya Wali Songo yang dulunya juga dikenalkan masyarakat. 

BACA JUGA:Masjid Baitul Nur Salam Bantarbolang Kabupaten Pemalang Dibangun

Kehadiran Kelompok Kesenian Restu Budaya yang diketuai Restu Marhaeningtyas ini untuk menghibur warga masyarakat di Desa Bojongnangka. Sajian kesenian ini kuda lumping atau jaran ebeg yang dikolaborasikan dengan kesenian sintren. Bahkan ada juga sajian leak Pemalangan. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Terapkan Status Siaga Darurat Gunung Slamet

"Adapun tujuan agar anak-anak atau generasi sekarang bisa mengenali seni budayanya sendiri . Khususnya aeni budaya tradisional jawa,"paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: