Definisi Otomotif, Beserta Sistem dan Komponennya!

Definisi Otomotif, Beserta Sistem dan Komponennya!

definisi otomotif-foto otomotif-

Kepala Silinder merupakan komponen penutup blok silinder ruang pembakaran. Kepala silinder terbuat dari aluminium alloy agar bisa menjadi pendingin. Didalam kepala silinder terdapat beberapa komponen yang penting dalam proses pembakaran mesin, seperti busi sebagai pemantik api dan mekanisme katup/valve yang mengatur aliran bahan bakar dan udara ke ruang pembakaran.

2. Blok Silinder

Blok Silinder merupakan komponen dasar dan utama dari mesin mobil. Blok silinder menjadi rumah bagi beberapa komponen seperti piston, Drain plug, Flywheel, Ring piston, dan yang lainnya.

3. Ring Piston

Ring Piston adalah komponen kecil yang terpasang dikepala piston, perannya sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja mesin. 

Ada dua jenis ring piston yaitu ring kompresi dan ring oli.

Ring kompresi memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran campuran udara dan bensin, dan juga gas sisa pembakaran dari ruang pembakaran selama piston bekerja. 

Sedangkan ring oli berfungsi membentuk lapisan oli antara piston dengan dinding silinder. Selain itu juga mengikis kelebihan oli untuk mencegah masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

4. Piston

Piston merupakan sumbat geser yang terpasang didalam blok silinder. Fungsi utamanya sebagai medium yang mengubah energi dari hasil pembakaran mesin menjadi energi kinetik untuk menggerakkan crankshaft.

Piston dalam mesin diibaratkan sebagai jantung manusia, karena piston bekerja bolak-balik didalam silinder mesin. Ini disebabkan oleh proses pembakaran yang menghasilkan tekanan untuk mendorong piston, kemudian piston meneruskan tekanan tersebut ke crankshaft. 

5. Crankshaft/Poros Engkol

Crankshaft atau Poros Engkol adalah komponen mobil yang berposisi dibawah blok silinder. Kegunaannya adalah untuk mengubah gaya linier naik turun piston menjadi gaya memutar yang kemudian disalurkan ke roda.   

Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: