Definisi Otomotif, Beserta Sistem dan Komponennya!

Definisi Otomotif, Beserta Sistem dan Komponennya!

definisi otomotif-foto otomotif-

DISWAY JATENG - Industri Otomotif adalah perancangan, pengembangan, produksi, pemasaran, dan penjualan kendaraan bermotor dan mobil.

Buat para penggemar mobil maupun motor pastinya sudah akrab dengan kata otomotif. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan bermotor ataupun mobil masuk kedalam cakupan otomotif. 

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia arti otomoif adalah berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor, mobil dan sebagainya). Jadi, segala kendaraan yang mampu memindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Dalam dunia pendidikan, ada juga ilmu yang mempelajari mengenai otomotif. Biasanya, pendidikan otomotif bisa ditempuh mulai dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi. Didalam pembelajaran otomotif akan diberikan pelajaran tentang cara merancang, membuat, dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin.

Ilmu tersebut biasa disebut dengan teknik otomotif yang mempelajari segala pengetahuan yang berhubungan dengan otomotif itu sendiri. Tak hanya itu, ilmu otomotif juga berkaitan dengan ilmu lainnya seperti matematika, kimia, fisika dan lainnya. 

BACA JUGA:Motor BSA Bantam: Warisan Legendaris dalam Dunia Otomotif

Secara lebih dalam, ilmu otomotif akan mempelajari mengenai perencanaan (product atau design), pengembangan (development), produksi (manufacturing), dan perawatan (maintenance). Jika berbicara mengenai otomotif, hal-hal yang terkaitpun cukup banyak. Misalnya pada kendaraan bermotor, terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang tergolong dalam otomotif. 

Jenis-jenis Ilmu Otomotif :

1. Perencanaan (product design)

Ilmu otomotif perencanaan yaitu mempelajari tentang rancangan kendaraan, mulai dari perumusan gagasan, perencanaan produksi kendaraan, cara kerja kendaraan, dan cara untuk mewujudkan gagasan itu sendiri.

2. Pengembangan (development)

Ilmu yang mempelajari dalam dunia otomotif selanjutnya adalah pengembangan. Pengembangan otomotif adalah mempelajari tentang menyusun kelanjutan kendaraan agar tetap sesuai dengan prosedur keamanan, kenyamanan, hingga memperhatikan tingkat efisiensi.

3. Produksi (manufacture)

Untuk pembelajaran otomotif produksi lebih kepada cara pembuatan kendaraan hingga metode penyusunannya sampai menjadi sebuah kendaraan yang bisa berfungsi. jadi, pembelajaran ini lebih kepada teknis kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: