7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dengan Cita Rasa yang Unik

7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dengan Cita Rasa yang Unik

kuliner khas Jawa Tengah-foto pinterest-

Ronde terbuat dari tepung ketan putih yang dibentuk bulat dan berisi kacang. Wedang ronde umumnya dilengkapi dengan kolang kaling, agar-agar, kacang tanah tanpa kulit dan jahe.

4. Mi Ongklok

Mi Ongklok merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Wonosobo. Mi Ongklok dibuat dengan cara direbus dan diracik bersama kol. 

Selain itu ada potongan daun kucai dan kuahnya menggunakan kanji, jadi lebih kental dari mie kuah biasanya. Kenapa disebut onklok? karena menggunakan ongklok atau semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu dan dipakai buat merebus mi kedalam kuahnya.

BACA JUGA:5 Daftar Mie Ayam Tegal: Rekomendasi Berburu Kuliner Lezat di Jawa Tengah

5. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang adalah nasi dengan kuah yang lebih banyak dari pada isinya, sehingga disebut grombyang-grombyang, yang terdiri dari nasi, daging sapi dan kuah dengan rempah yang lezat.

6. Kupat Glabed 

Dari Tegal terdapat makanan khas Jawa Tengah yang bernama kupat glabed. yakni dengan sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning. Sekilas makanan ini mirip dengan opor, tetapi memiliki kuah yang lebih kental menyerupai sup krim. 

Glabed sendiri merupakan kata yang digunakan oleh orang Tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental saat masuk kedalam mulut.

7. Sate Blengong

Sate blengong merupakan makanan khas Brebes yang berbahan daging blengong, yang merupakan hewan hasil perkawinan silang antara bebek jantan dan itik betina. 

Sate blengong disajikan dengan ukuran besar dan dinikmati bersama kuah santan dan kupat glabed. Hal ini yang membedakan sate blengong dengan sate-sate lainnya. Anda akan dengan mudah menemukan penjaja sate blengong disekitaran alun-alun Brebes.

7. Sotong Ireng

Soto Ireng merupakan makanan khas Kabupaten Batang, yakni sotong yang dioseng dengan rempah-rempah kemudian disiram dengan santan yang menghasilkan cita rasa gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: