Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal Dilengkapi Berbagai Wahana Menarik untuk Tarik Pengunjung

Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal Dilengkapi Berbagai Wahana Menarik untuk Tarik Pengunjung

BERLIBUR - Sejumlah wisatawan saat menikmati pancuran 13 Guci sebelum direnovasi.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Pemandian air panas Guci masih menjadi magnet bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Tegal. Guci yang berlokasi di lereng Gunung Slamet Kecamatan Bumijawa ini menjadi surganya bagi para wisatawan karena dilengkapi berbagai wahana yang menarik. Lebih dari 2,88 juta pengunjung mendatangi objek wisata Guci selama lima tahun terakhir.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni melalui Kepala Bidang Pariwisata Joko Sunarto membenarkan hal itu saat diwawancara soal Guci, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:DRPD Kabupaten Pemalang Berhasil Tetap Raperda Perubahan APBD 2023 Menjadi Perda

Menurutnya, selain pemandian air panas Pancuran Lima yang dikelola Pemkab Tegal, terdapat banyak wahana rekreasi keluarga milik swasta yang menawarkan aneka daya tariknya seperti Guci Forest, Golden Park, Taman The Geong, Baron Hill, Guciku, Rindu Alam dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, sejumlah event seni budaya pun kerap digelar di tempat wisata tersebut, seperti sedekah bumi Guci, coffee expo hingga event olahraga kompetisi Guci Jungle Run.

BACA JUGA:4 Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2023 dengan Kualitas Setara DSLR

“Kita juga punya wisata adventure Jeep offroad yang rutenya masuk kawasan hutan. Dimulai dari pertigaan ke arah pemandian Guciku sampai ke jalur pendakian Gunung Slamet Permadi. Jalurnya sangat menantang dan pasti seru, silahkan dicoba,” ujarnya.

Guci selalu menarik minat wisatawan dari berbagai kalangan, termasuk wisatawan dari mancanegara.

BACA JUGA:Waspadai Peredaran Uang Palsu di Tegal Jelang Pemilu

Dilengkapi dengan fasilitas akomodasi penginapan yang memadai seperti villa hingga hotel bintang lima, pengunjung di Guci juga dapat menikmati sajian kuliner khas seperti sate kelinci, jagung bakar, dan bakwan wortel.

Ditanya soal produk unggulan, Joko mengatakan wisatawan Guci banyak membeli oleh-oleh sayuran dan manisan buah yang dijual di pasar agrowisata Guci.

Dirinya tak menampik, jumlah wisatawan Guci memang sempat mengalami penurunan saat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Inilah Spesifikasi dan Harga Fantastic Realme Narzo 60 Terbaru 2023, 2 Jutaan Saja? Anda Wajib Punya!

Rinciannya, pada tahun 2019, jumlah wisatawan mencapai 948.138 pengunjung. Sementara saat pandemi, jumlahnya menurun menjadi 372.756 pengunjung di tahun 2020 dan 395.803 orang di tahun 2021. Sedangkan pada 2022, jumlahnya meningkat drastis menjadi 724.358 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id