Wali Kota Tegal Minta 10 Program Unggulan Ini Wajib Dikawal

Wali Kota Tegal Minta 10 Program Unggulan Ini Wajib Dikawal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyampaikan imbauan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kegiatan Pembangunan (PKP) II Tahun Anggaran 2023 di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta.--

DISWAY JATENG - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengingatkan kembali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), utamanya mengawal 10 program unggulan wali kota. Apa saja?

1. Penerapan reformasi birokrasi.

2. Penerapan perencanaan dan penganggaran yang partisipatif, transparan dan akuntabel.

3. Peningkatan akses dan kualitas layanan pendidikan.

4. Peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan.

5. Pemberdayaan dan optimalisasi usaha mikro, kecil menengah.

6. Peningkatan keterampilan dan kemampuan pencari kerja.

7. Pengembangan kepariwisataan.

8. Penanganan lingkungan kumuh dan rumah tidak layak huni.

9. Pengembangan kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

10. Pemberdayaan lembaga sosial.

BACA JUGA:Wali Kota Tegal Periode 1999- 2009 Adi Winarso Tutup Usia , Jatuh Saat Salat Jumat  

Wali Kota Tegal menambahkan, untuk merealisasikan itu semua OPD dituntut meningkatkan kapabilitas. Imbauan tersebut disampaikannya saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kegiatan Pembangunan (PKP) II Tahun Anggaran 2023 di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta, Jum'at (13/10/2023).

 

Dedy menyampaikan agar OPD selalu bersinergi satu sama lain untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal. Selanjutnya pada kesempatan yang baik tersebut, pihaknya mengajak semua pihak untuk selalu bersinergi dalam upaya meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Tegal. Peningkatan kinerja sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing. 

 

"Saya menghimbau agar menggunakan forum tersebut untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar dapat terjalin sinergi dan kolaborasi. Saya yakin dan percaya, dengan komunikasi dan koordinasi yang baik, mudah-mudahan kita dapat bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan 10 program unggulan," jelas Dedy.

BACA JUGA:Partai Demokrat Geram, Waki Wali Kota Tegal Dinilai Tak Beretika

Untuk mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran dengan didukung oleh tertib administrasi yang prima, salah satu upaya yang ditempuh adalah melakukan pengendalian kegiatan secara intensif yang dilaksanakan secara internal oleh masing-masing pimpinan OPD selaku pengguna anggaran.

 

Dedy berharap pekerjaan berbagai proyek penataan dan pembangunan yang sedang dilaksanakan hingga akhir tahun dapat dilaksanakan dan diselesaikan sesuai deadline yang telah ditentukkan.

 

"Upayakan agar tidak terjadinya wan prestasi, sehingga pihak ketiga atau kontraktor tidak terkena penalty atau denda dan hindari jangan sampai terjadi adanya putus kontrak," katanya. (mei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: