Intip Kota Terbesar di Jawa Tengah, Apakah Kotamu Termasuk?

Intip Kota Terbesar di Jawa Tengah, Apakah Kotamu Termasuk?

semarang, kota terbesar di jawa tengah-tangkapan layar instagram @media_informasi_kota_semarang-

DISWAY JATENG- Jawa tengah adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa, jawa tengah memiliki beberapa kota terbesar didalamnya.

Jawa Tengah mempunyai 29 kabupaten, 6 kota dan luas wilayah 32.801 per kilometer persegi. Sejumlah daerah di provinsi di tengah-tengah Pulau Jawa sekarang mulai berkembang pesat. Dari jumlah kota ini, ada beberapa yang termasuk dalam kota terbesar di Jawa Tengah.

Artikel ini akan membahas deretan kota terbesar yang ada di Jawa Tengah. Apa sajakah? Yuk simak ulasan dibawah ini.

BACA JUGA:Solo Disebut sebagai Kota Termiskin oleh PKS, Begini Respon Gibran

Berikut kota terbesar di Jawa Tengah:  

1. Kota Tegal  

Kota terbesar yang pertama adalah kota tegal. Luas kota tegal sekitar 39,68km dengan jumlah penduduk sebesar 287.959 jiwa dan kepadatan penduduk 7.257 jiwa per kilometer persegi. 

Perdagangan serta jasa merupakan sektor utama perekonomian Kota Tegal, usaha mikro kecil serta menengah (UMKM) menjadi penggerak sejumlah industri berjenis logam di Kota Tegal.

Sejumlah perusahaan juga menempatkan fasilitas galangan kapal di sepanjang garis pantai Kota Tegal, kota ini juga dikenal dengan industri rumahan yang memproduksi shuttle cock badminton yang telah banyak diekspor ke luar negeri. 

2. Kota Semarang 

Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah, sebelah timur kota ini berbatasan langsung dengan demak, sebelah barat dengan kendal, sebelah utara dengan laut jawa yang memiliki panjang garis pantai 13,6 km, serta sebelah selatan dengan kabupaten semarang.

Kota Semarang memiliki luas 373,78km, dengan jumlah penduduk sebesar 1.656.564 jiwa. Kepadatan penduduk juga naik seiring dengan kenaikan jumlah penduduk.

Kota ini juga banyak tersebar perguruan tinggi negeri atau swasta yang tenama, berdasarkan peringkat universitas di Indonesia terdapat enam universitas di Semarang termasuk 100 universitas terbaik Indonesia.

3. Kota Pekalongan 

Kota terbesar di Jawa Tengah berikutnya Kota Pekalongan. luas kota ini adalah 42,45 km dengan jumlah penduduk sebesar 315.997 jiwa dengan kepadatan 6.983 jiwa per kilometer persegi.

Kota pekalongan memiliki perekonomian yang cukup maju daripada kota lain yang ada di Jawa Tengah. Seperti dalam bidang perikanan, pekalongan mempunyai pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa, Pelabuhan ini sering dijadikan transit serta area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan.

Kota Pekalongan juga dijuluki dengan kota batik. Karena batik Pekalongan mempunyai corak yang variatif dan khas. Kota Pekalongan masuk jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art dan memiliki city branding World's city of Batik. Kota Pekalongan dikenal dengan batiknya yang mendunia. 

4. Kota Salatiga  

Kota salatiga memiliki jumlah penduduk sebesar 193.525 jiwa, salatiga mempunyai jarak yang dekat dengan solo yaitu hanya 53 km serta 50 km dari semarang.

Salatiga menjadi perlintasan 2 kota besar di Jawa Tengah. perlintasan dari Jawa Timur (jalur tengah) ke Jawa Barat dan (Semarang–Solo), maka kendaraan darat yang melewati kota ini cukup ramai. Dengan hal ini salatiga menjadi kota transit.

Kota salatiga juga tersebar perguruan tinggi ternama, seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Universitas Kristen, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Amika, Akbid ArRum, Akbid Bhakti Nusantara.

BACA JUGA:5 Daerah Tersepi di Jawa Tengah, Cek Daerahmu Sekarang Juga!

5. Kota Solo 

Kota terbesar di Jawa Tengah terakhir adalah kota solo. 

Solo merupakan kota yang paling padat penduduk di Jawa Tengah, solo memiliki jumlah penduduk sebesar 522.364 jiwa. Setiap kilometer persegi dihuni 11.353,27 jiwa.

Kota solo ditetapkan kota ternyaman di indonesia, kota ini seringkali menjadi tempat tujuan wisata serta pusat kegiatan ekonomi. Apalagi kegiatan ekonomi disini berjalan 24 jam.

Solo mempunyai perguan tinggi yang ternama, seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, S2 universitas swasta, Universitas Setia Budi, STIKES Muhammadiyah serta Universitas Sebelas Maret (UNS) yang termasuk katagori 50 universitas terbaik di Indonesia. Dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:7 Daerah Termiskin di Jawa Tengah Terbaru, Nomor 1 Jarang Diketahui!

Itulah informasi mengenai Kota Terbesar di Jawa Tengah yang dapat kamu ketahui.

Semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: