5 Daerah Tersepi di Jawa Tengah, Cek Daerahmu Sekarang Juga!

5 Daerah Tersepi di Jawa Tengah, Cek Daerahmu Sekarang Juga!

daerah tersepi di jawa tengah-tangkapan layar sosmed-

DISWAY JATENG- Ternyata ada beberapa daerah tersepi di Jawa Tengah lho. Jawa Tengah merupakan Provinsi yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Provinsi Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.800,69 km², atau berkisar 28,94% dari luas pulau Jawa. Penduduk Jawa Tengah berkisar 36.516.035 jiwa dengan kepadatan 1.113,00 jiwa/km².

Provinsi Jawa Tengah memiliki 29 kabupaten, 6 kota serta luas wilayah 32.801 km persegi. Sejumlah daerah di provinsi di tengah-tengah Pulau Jawa kini mulai berkembang pesat. Namun ada beberapa daerah yang dikenal dengan daerah tersepi di Jawa Tengah, apa saja daerah itu? 

Artikel ini akan membahas daftar daerah tersepi di Jawa Tengah, daerah ini memiliki jarak yang lumayan jauh dari Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa tengah.

BACA JUGA: 3 Universitas Terfavorit yang Harus Kalian Coba di Daerah Jawa Tengah!

Berikut daftar daerah tersepi di Jawa Tengah:

1. Daerah Blora

Daerah yang sering dijuluki dengan kota mustika ini merupakan daerah tersepi di Jawa Tengah, Blora mempunyai luas wilayah sekitar 1820,59 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 884.33 jiwa.

Daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur ini mempunyai kepadatan penduduk paling rendah dibandingkan 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Angka kepadatan penduduk Kabupaten Blora pada tahun 2020 yaitu 490,05 jiwa per kilometer persegi dengan jumlah penduduk 884.333 jiwa.

Wilayah Blora terdiri dari dataran rendah serta perbukitan dengan ketinggian rata-rata antara 20-280 Mdpl.

2. Daerah Purworejo

Purworejo ini terkenal dengan minuman dawet irengnya, daerah ini memiliki luas wilayah 1091,49 km2 dan angka kepadatan penduduk sekitar 705,35 jiwa per kilometer persegi. Serta jumlah penduduknya pada tahun 2020 sebanyak 769.880. 

Dengan demikian, purworejo masuk ke dalam daftar daerah tersepi di Jawa Tengah.

3. Daerah Rembang.

Daerah ini berada di perbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, saat ini rembang memiliki penduduk sekitar 727 jiwa per kilometer persegi. Sehingga rembang gerbang sebelah timur Jawa Tengah luas wilayah Rembang mencapai 1014,10 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 635.483 jiwa

4. Daerah Wonogiri

Daerah yang terkenal dengan nasi tiwulnya ini mempunyai luas 1822,27 km2 dengan jumlah penduduknya mencapai 1,04 juta jiwa.

Wonogiri menempati urutan keempat sebagai daerah tersepi di jateng, karena dengan angka kepadatan penduduk hanya berkisar 581,59 jiwa per kilometer persegi. 

Kondisi alam di daerah ini sendiri rata-rata terdiri dari pegunungan yang berbatu Gamping serta sebagian besar lainnya adalah hutan.

Hal ini yang menyebabkan Wonogiri menjadi daerah yang sepi di jateng.

BACA JUGA: 4 Daerah di Jawa Tengah Ini Warganya Paling Panjang Umur, Rerata Usianya Berusia 77 Tahun

5. Daerah Grobogan

Selain dijuluki kota swike, grobogan juga merupakan daerah terluas kedua di Jawa Tengah setelah Cilacap. Daerah ini memiliki luas 2022,25 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1,4 juta jiwa,

namun grobogan termasuk dalam daftar daerah tersepi di jateng, karena jumlah kepadatan penduduk di Grobogan hanya berkisar 721 jiwa per kilometer persegi.

Secara geografis Grobogan terdiri dari Lembah yang diapit dua pegunungan kapur yaitu pegunungan kapur utara serta pegunungan gendeng.

BACA JUGA: 7 Daerah Termiskin di Jawa Tengah Terbaru, Nomor 1 Jarang Tahu!

Itulah informasi mengenai daerah tersepi di Jawa Tengah, apakah daerahmu termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: