Turnamen Catur Kabupaten Tegal Diikuti 168 Peserta dari Seluruh Indonesia

Turnamen Catur Kabupaten Tegal Diikuti 168 Peserta dari Seluruh Indonesia

CATUR - Wakil Ketua Percasi Provinsi Jawa Tengah Muhammad Bintang Adi Prajamukti SH MH yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal mengamati peserta yang mengikuti turnamen catur di GOR Indoor Slawi. Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tegal menggelar turnamen catur terbuka tingkat nasional. Kegiatan ini dipusatkan di GOR Indoor Trisanja.

Jumlah pesertanya sebanyak 168 orang. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

"Turnamen ini dibagi menjadi beberapa tingkatan. Yaitu, tingkat junior dari SD hingga SMP dan tingkat senior," kata Wakil Ketua Percasi Provinsi Jawa Tengah Muhammad Bintang Adi Prajamukti SH MH.

Menurut Bintang, ajang turnamen catur tingkat nasional ini merupakan ajang silaturahmi pecinta catur di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, juga sekaligus untuk mencari bibit muda, menambah pengalaman serta untuk mempersiapkan kejuaraan di tahun mendatang.

Bintang yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal ini menjelaskan, turnamen catur tingkat Nasional mengacu pada peraturan permainan catur cepat FIDE 2023. 

"Sedangkan untuk waktu permainan, masing-masing pemain memiliki waktu 10 menit +3 detik," kata Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tegal ini.

Bintang menuturkan, ajang catur ini diselenggarakan selama satu hari dari pagi hingga selesai. Turnamen catur juga menggunakan sistem pertandingan Swiss lima babak untuk kategori junior. 

Sedangkan untuk tim senior menggunakan sistem pertandingan sembilan babak.

Adapun, jumlah peserta sebanyak 168 orang. Rinciannya, 33 peserta junior dam 135 peserta senior.

Mereka tidak hanya dari Kabupaten Tegal, tapi datang dari Brebes, Pemalang, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Cirebon, Bandung, DKI Jakarta, Majalengka dan Depok.

"Sedangkan yang terjauh dari Sumenep," ujarnya.

Dia membeberkan, untuk hasil kejuaran Open Senior kali ini, diraih oleh Yudhistira  RCK Purwokerto (juara 1), Deni Sonjaya, FM BTC Bandung (juara 2) dan Teksin Brebes (juara 3).

Sementara untuk Open Junior, diraih oleh Zaidan Purwokerto (juara 1), Rama Daniswara Pekalongan (juara 2) dan Rakha Hibatullah Gunawan Brebes (juara 3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id